Anggaran Dipangkas Rp 1 Miliar

338

KLATEN–Perhatian Pemkab Klaten terhadap dunia pendidikan anak usia dini (PAUD) di Klaten patut dipertanyakan. Buktinya, ada pemangkasan anggaran kegiatan PAUD pada APBD 2014 ini sebesar Rp 1 miliar. Bila pada APBD 2013 dianggarkan Rp 2,9 miliar, pada tahun ini menjadi Rp 1,9 miliar.
Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan (Dispendik) Klaten Liestyowati mengatakan, meski anggaran tahun ini dikurangi, bukan berarti kegiatan yang sudah direncanakan masing-masing lembaga PAUD tidak berjalan. Pihaknya selalu memotivasi bunda PAUD yang ada di desa, kecamatan untuk terus bersemangat.
“Kenyatannya semua program yang sudah direncanakan terus berjalan. Jadi anggaran yang berkurang bukan berarti membuat kami tidak semangat dalam mendidik anak-anak. Kami akan terus bekerjasama dan saling memotivasi agar tercipta generasi yang luar biasa,” ujarnya.
Dia menambahkan, untuk kegiatan PAUD, selain mengandalkan dana dari pemerintah, masyarakat biasanya melakukan swadaya. Baik melalui dana yang ada di pemerintah desa, sumbangan dari yayasan, termasuk donatur yang bersedia mendanai PAUD.
“Jadi dana yang berasal dari pemerintah sifatnya hanya stimulus saja. Masyarakat berkewajiban untuk memajukan pendidikan di lingkungan masing-masing. Ada juga PAUD yang tercipta karena kerjasama dengan perusahaan melalui program corporate social resposibility (CSR). Jadi masing-masing pengelola PAUD dapat berkreasi sesuai dengan kemampuan mereka,” tambahnya.
Dia mengakui perkembangan PAUD dalam beberapa tahun terakhir sudah cukup pesat. Data terakhir, hingga Mei 2014 ini sudah terdapat 2.014 PAUD dan kelompok bermain (KB) yang ada di wilayah Klaten. Hampir setiap bulan keberadaan KB selalu bertambah.
“Untuk PAUD sudah hampir merata di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Klaten. Jadi setiap desa ada yang sudah memiliki 5 PAUD. Kami akan terus melakukan pembinaan terhadap PAUD yang dikelola masyarakat,” imbuhnya. (oh/bun/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.