Minta Persit Tak Cuma Nonton Sinetron

326

BANYUBIRU — Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Sunindyo meminta prajurit TNI di jajaran Kodam IV/Diponegoro meningkatkan kualitas pengabdiannya.
Selain itu, prajurit diminta tetap mempertahankan keutuhan keluarga. Pangdam juga mengingatkan agar prajurit menjunjung tinggi netralitas dalam pilihan presiden (pilpres) mendatang.
”Kami sampaikan pada semua prajurit agar meningkatkan kualitas pengabdiannya. Juga menjaga keutuhan keluarga. Tadi kami sampaikan juga bahwa sekarang ini banyak kasus pelecehan seks terhadap anak-anak. Kami sarankan agar berhati-hati, dan selalu mengawasi anak-anak,” ungkap Mayjen TNI Sunindyo, saat melakukan kunjungan kerja, sekaligus memberi arahan kepada prajurit Batalyon Zeni Tempur 4/Tanpa Kawandya Ambarawa, Rabu (14/5) pagi.
Pangdam juga menjamin netralitas prajurit. Sebab, menurut Pangdam, setiap prajurit dilengkapi buku saku netralitas TNI. Buku saku berisi tuntunan perilaku anggota TNI dalam pilpres 2014 ini.
”Netralitas prajurit sudah teruji. Kecuali Persit (Persatuan istri TNI) dan anak-anak mereka yang punya hak pilih silakan saja mau pilih siapa,” kata Pangdam.

Saat memberikan pengarahan di hadapan ratusan prajurit Zipur di Bataliyon Zipur 4/Tanpa Kawandya di Kecamatan Banyubiru, Pangdam mengingatkan perihal pelanggaran yang harus dihindari oleh prajurit.
Sebab, dari catatannya, banyak masalah yang kerap dihadapi prajurit TNI. Antara lain, desersi, utang-piutang, minuman keras (miras), penipuan atau menjadi makelar saat penerimaan prajurit.
”Jangan sampai prajurit terlibat masalah. Jika ada yang terkena masalah, jangan putus asa. Hadapi dan serahkan kepada Tuhan. Ibu-ibu (Persit Kartika) juga jangan hanya nonton sinetron saja. Tapi, waktu dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna dan berikan perhatian pada suami dan anak-anak,” kata Pangdam.


Pada kesempatan itu, Pangdam juga mengunjungi SMK Kartika. Yakni, sekolah di bawah binaan TNI AD.
Pangdam meminta Komandan Batalyon Zeni Tempur (Danyon Zipur) 4/Tanpa Kawandya ikut memperhatikan kondisi sekolah dan lingkungan yang berdampingan dengan batalyon organik Kodam IV/Diponegoro tersebut.
Selain mengunjungi markas Yonzipur, Pangdam dan rombongan meninjau markas Batalyon Kavaler di Ambarawa. (tyo/isk/ce1)