Saat Rintis Rumah Makan, Rela Tolak Banyak Job

456

Melly Octania, Model yang Buka Usaha Kuliner

Foto model dan bisnis kuliner adalah dua hal yang berlainan. Namun keduanya dapat dijalani RumaMelly Octania. Di tengah kesibukannya menerima job pemotretan, Melly mengelola rumah makan masakan Jawa di kota kelahirannya, Salatiga.

Ricky Fitriyanto

SUDAH 4 bulan, gadis cantik ini mengelola rumah makan ”Nyah Gentong” di Jalan Dr Muwardi No 7 Salatiga. Sebelumnya, ia hanya buka di sebuah food court. Namun karena pembeli makin banyak, Melly memindahkannya ke lokasi yang lebih luas. Menu yang dijajakan adalah masakan Indonesia seperti rawon, ayam goreng, dan nasi goreng. Dia juga memberi nama menunya dengan nama-nama unik seperti ayam strawberry, dan bebek ngebut.
”Sengaja pilih masakan Indonesia biar cocok dengan lidah sebagian besar orang. Apalagi tidak banyak yang jual rawon di Salatiga,” kata cewek kelahiran Salatiga, 9 Oktober 1992 ini kepada Radar Semarang.
Melly yang masih kuliah di jurusan Sastra Inggris Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga ini mengatakan usaha yang ditekuninya semula berawal dari coba-coba. Dia berkeinginan membuka usaha untuk belajar berbisnis. ”Kebetulan keluargaku banyak yang bisnis kuliner. Keluarga mama juga memiliki rumah makan ayam goreng di Purwokerto yang dikelola turun-temurun,” ujar gadis yang hobi memasak sejak kecil ini.
Tak disangka, rumah makan yang dibukanya mendapat respons yang bagus dari para pengunjung. Banyak pengunjung yang kembali setelah mencicipi menu yang ditawarkan. Kini, Melly lebih sering mengurusi usaha kuliner daripada menerima job pemotretan.
Melly sadar menjadi model tidak bisa dilakukan selamanya. Karena itu, ia merintis usaha kuliner untuk masa depan. Diakui, saat awal merintis bisnis kuliner, Melly harus jatuh bangun. Dia rela mengambil libur lama dari kuliah, dan menolak banyak job foto saat menyiapkan pembukaan rumah makan. ”Saat akan buka, waktu habis untuk menyiapkan menu, me-manage pegawai, pembukuan dan sebagainya,” katanya.
Sampai sekarang, Melly masih turun langsung ke rumah makannya setiap hari.
Karir model Melly sendiri cukup berkembang. Berawal dari hobi difoto, dia mulai kenal sejumlah fotografer dan banyak dilibatkan dalam berbagai tema pemotretan. Namanya makin menanjak saat bekerja sama dengan Nina Bridal, make up artist dari Salatiga.
”Dulu saat pemotretan sering didandani Mbak Nina, mulai dari make up hingga memilih wardrobe, jadi seperti saudara sendiri,” ujar penghobi renang dan fitness ini.
Melly pernah menerima job pemotretan hingga ke Jogjakarta, Jakarta, dan Bali. Juga dipotret sejumlah fotografer ternama seperti Darwis Triadi dan Kenvin Pinardy. Jasanya kerap dipakai untuk pemotretan berbagai jenis busana karya desainer. Mulai dari kebaya hingga busana bridal. Wajah Melly juga muncul di iklan sebuah klinik kecantikan. Namun dia mengaku selektif memilih job.
”Meski honornya banyak, aku lebih melihat bobot event-nya. Yang penting bagi aku adalah ketemu orang dan menambah banyak jaringan,” ungkap gadis yang bercita-cita mengambil S2 jurusan Ilmu Komunikasi ini. (*/aro/ce1)