Eksekusi Titik Terganjal

301

SEMARANG–Meski dalam tingkat kasasi, Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Titik Kirnaningsih, yang berarti tetap dinyatakan bersalah. Hingga kini, salah satu terpidana kasus korupsi Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga yang juga istri dari Wali Kota Salatiga aktif, Yulianto, itu, masih belum ditahan di lembaga pemasyarakatan (Lapas).
Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng, Masyhudi, menjelaskan, permasalahan belum dieksekusi itu karena pihaknya belum menerima salinan putusan kasasi dari MA. ”Sudah dua kali kami kirim surat ke MA. Sampai sekarang belum ada tanggapan. Padahal putusannya sudah diumumkan melalui website MA,” kata Masyhudi kemarin.
Untuk alasannya, Masyhudi tidak mengetahui kenapa MA belum memberikan salinan putusan. Hal itu membuat kekhawatiran pihak kejati, jika Titik melarikan diri. “Kalau lari, kami juga yang dikejar-kejar diminta pertanggungjawaban,” paparnya.
Dalam tingkat kasasi, Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA), menyatakan menolak permohonan kasasi Titik Kirnaningsih. Berdasar informasi di kepaniteraan MA, berkas kasasi direktur PT Kuntjup itu diputus Senin (3/2) silam.
Amar putusannya, menolak kasasi jaksa penuntut umum dan terdakwa. Perkara Titik, ditangani majelis hakim MA yang terdiri atas Mohammad Askin, Leopold Luhut Hutagalung, dan Artidjo Alkostar. Ini artinya, Titik dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Tipikor tingkat pertama, banding, dan juga kasasi.
Sebelumnya, Titik dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 4 bulan kurungan. Selain itu juga dibebankan mengganti kerugian negara senilai Rp 2,5 miliar atau setara dengan hukuman pidana 2 tahun penjara.(ris/jpnn/aro)