Seribu Bikers Supra Penuhi Jepara

365

JEPARA – Sekitar seribu anggota komunitas pencinta Honda Supra, mengikuti Jambore nasional ke-10 di Jepara, Sabtu-Minggu (17-18/5). Kegiatan juga diisi dengan penanaman pohon, aksi sosial serta pengenalan potensi wisata dan budaya setempat.
Para bikers merupakan perwakilan dari 93 klub pencinta Honda Supra yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak hanya dari pulau Jawa, perwakilan komunitas dari Kalimantan, Aceh hingga Papua turut bergabung.
”Tepat di satu dekade ini, kami sengaja minta Jambore diselenggarakan di Jepara. Selain karena komunitas Honda Supra di Jepara cukup banyak, sekaligus mengenalkan budaya serta pariwisata daerah ini,” ujar Sekretaris Komunitas Jepara Supra Indie Club Adventure (JESICA) Ahmad M. Afif di sela acara.
Acara yang digelar Federasi Supra Indonesia (FSI) bersama JESICA dengan dukungan PT Astra Honda Motor (AHM) ini dimulai dengan penanaman 200 bibit pohon jati emas dan mahoni di kawasan Teluk Awur. dilanjutkan dengan pemberian donasi kepada anak-anak panti asuhan.
Aktifitas rolling city yang identik dengan komunitas bikers tak lupa digelar. Para bikers berkeliling kota bersama mengenakan sepeda motor menjelajahi tempat-tempat wisata dan bersejarah. Dimulai dari Gedung Wanita Jepara, menuju Pantai Kartini, Stadion Gelora Bumi Kartini, dan Alun-Alun Jepara. ”Kami juga bawakan rekan-rekan oleh-oleh khas Jepara agar kota ini bisa diingat. Bagi komunitas terjauh kami berikan trofi dari ukiran kayu. Komunitas yang datang dengan anggota terbanyak kami beri kenang-kenangan ukiran kayu berbentuk busi,” ujarnya.
Di Jepara, mereka juga menggelar Musyawarah Nasional (Munas) untuk membahas program kerja tahunan dan penentuan lokasi jambore nasional berikutnya. Adapun tema Jambore Nasional Honda Supra X ke-10 ini mengusung tema ”Trus Karya Tataning Supra”, tema ini menjadi motivasi agar para anggota Honda Supra Club terus berkarya.
Honda Customer Care Center (HC3) Departemen Head, I G Nyoman Kesawa mengatakan, Jambore Nasional Honda Supra didukung penuh PT Astra Honda Motor dan PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (HSO) Semarang selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jawa Tengah. ”Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana komunikasi dan interaksi antarkomunitas pencinta motor Honda Supra dan konsumen secara umum. Tentunya dengan semangat ’Satu Hati’, kegiatan ini dapat memperkuat persaudaraan dan kebersamaan keluarga Honda Supra,” ujarnya. Menurutnya, Honda Supra yang kali pertama hadir di Indonesia tahun 2007, hingga saat ini sudah terjual 14 juta unit. (dna/smu/ce1)