Pengawas Ujian SDLB Kerepotan

280

SEMARANG UTARA – Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah (US) siswa sekolah dasar (SD) kelas VI Kota Semarang, Senin (19/5), berjalan lancar. Berdasarkan pantauan, hampir seluruh ruang ujian, masing-masing diawasi dengan dua pengawas. Para pengawas tidak terlihat kerepotan saat membagi soal ujian dan memberikan penjelasan peraturan tata cara pengisian.
Sementara suasana beda terlihat di SDLB Tuna Rungu Widya Bakti di Jalan Supriyadi. Siswa yang berjumlah delapan orang cukup merepotkan dua pengawas yang harus kerja ekstra diuji kesabarannya. Banyak siswa yang harus dibantu mengisi nama dan teknik pengisian karena banyak yang tidak mengerti.
“Memang benar, waktu sekitar 30 menit cukup tersita untuk menjelaskan peserta US. Kalau soalnya sama seperti sekolah dasar lainnya yang membuat dari Pemerintah Provinsi Jateng,” jelas Kepala SDLB Widya Bakti A Herawati.
Ditambahkan, dua pengawas di SDLB juga dilakukan silang yakni ada guru dari SDLB (B) dan guru SDLB (C). “Keduanya bekerja ekstra sabar menjelaskan satu persatu ke siswa. Maklum, siswa masih bingung cara mengisikan namanya. Kalau soal saya kira mereka bisa,” jelasnya.
Nabila Artemetia, salah satu siswa mengaku bisa mengerjakan soal. “Iya bisa, soalnya mudah,” jelasnya sambil menjelaskan dengan menggunakan isyarat tangan.
Di SD Negeri Genuksari 1, pelaksanaan ujian juga berlangsung lancar. Para pengawas pun diberlakukan sistem silang untuk mengantisipasi kecurangan saat pelaksanaan US. “Ujian sekolah di tempat kami lancar dan tidak ada kendala sama sekali. Setiap ruang ujian diawasi dua pengawas. Harapannya berjalan lancar hingga Rabu besok,” jelas Kepala SDN Genuksari 1 Jumadi.
Suasana ujian sekolah di SD Negeri Bandarharjo 2 juga terlihat sama, pelaksanaan ujian berlangsung dengan lancar. Pengawas silang juga tidak kerepotan saat mengawasi peserta ujian. “Di sekolah kami pelaksanaan US lancar karena untuk menghadapi anak sekolah dasar juga tidak repot seperti anak SMP-SMA. Mereka umumnya sudah paham saat pengisian,” jelas Kepala Bandaharjo 2 Karyono. (mg1/ton)