Reporter Cilik Kampanyekan Cinta Terhadap Lingkungan

327

SIMPANGLIMA – Mahasiswa D-III Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melibatkan 120 reporter cilik (porcil) Sekolah Dasar Hj Isriati Baiturrahman 2, Semarang, Jawa Tengah dalam kegiatan Kampanye Lingkungan, Sabtu (17/5). Langkah ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa cinta lingkungan pada anak-anak.
Ketua panitia Muhammad Rizal Rivaldi mengatakan, pihaknya memilih porcil yang terdiri atas murid kelas 3 – 5 sebagai target utama kampanye. Diharapkan porcil dapat menyebarkan ’virus’ kepedulian lingkungan kepada siswa-siswi lainnya. ”Kami mempunyai tagline ’Hijau Bumiku, Indah Lingkunganku’ yang mempunyai makna untuk membuat bumi menjadi hijau cukup dimulai dari memperindah lingkungan sendiri dan diserukan untuk membangkitkan semangat semua yang terlibat dalam kampanye kami,” kata Rizal.
Kegiatan yang dilakukan untuk dapat menyampaikan pesan dari kampanye lingkungan kepada porcil adalah dengan pemutaran video kerusakan lingkungan yang berupa kartun, lomba membaca puisi, mendongeng dengan boneka, daur ulang botol air mineral, membuat biopori, menanam pohon, pelepasan balon harapan serta hiburan dengan penampilan akustik.
”Kegiatan ini mempunyai manfaat yang baik untuk reporter cilik kami dan juga secara tidak langsung untuk guru-guru yang ikut mengawasi kegiatan ini,” kata Kepala SD Hj Isriati Baiturrahman 2 Musyadat Masykur. (mg1/ton/ce1)