Kinerja Pemerintah Belum Baik

302

TEMANGGUNG—Evaluasi DPRD Kabupaten Temanggung terhadap kinerja Pemkab setempat satu tahun terakhir dinilai tidak optimal. DPRD mendesak agar Pemkab melakukan optimalisasi potensi di berbagai bidang. Bupati Temanggung sendiri mengakui kinerja selama ini kurang begitu baik dan akan diperbaiki pada tahun berikutnya.
“Kinerja pemerintah Kabupaten Temanggung belum seluruhnya dapat mewujudkan harapan masyarakat melalui implementasi target kinerja sebagaimana tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Temanggung 2008 – 2013,” kata Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, saat memberikan sambutan dalam sidang istimewa Laporan Pertanggungjawaban Bupati Temanggung Tahun Anggaran 2013.
Namun hal tersebut lebih ditimbulkan oleh kondisi-kondisi obyektif karena adanya keterbatasan kapasitas keuangan daerah, yang tidak selalu mampu mengimbangi dinamika kebutuhan masyarakat yang terus tumbuh. 
Dia mengatakan LPPD Bupati Temangung 2013 disusun berdasarkan rencana kerja pemerintahan daerah (RKPD) 2013 yang merupakan penyampaian keterangan tentang pencapaian kinerja pembangunan daerah dalam upaya mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah sebagaimana diamanatkan dan dijabarkan dalam RPJMD Kabupaten Temanggung 2008-2013.
Sementara itu Ketua Pansus Pembahasan LPPD Jumadi mengemukakan kinerja pemerintah masih belum optimal di antaranya di bidang lingkungan hidup. Di bidang ini masih banyak bangunan gedung yang tidak disertai amdal termasuk gedung pemda, begitu pula dengan perusahaan daerah yang belum memiliki dokumen sebagai diisyaratkan oleh undang-undang. 
Penegakkan hukum masih lemah terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh industri yang berkaitan dengan pengelolaan limbah dikarenakan tidak adanya petugas penyidik pegawai negeri sipil di Badan Lingkungan Hidup. (zah/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.