Dewan Keberatan Poin LHP BPK

334

Polemik Pasar Ir Soekarno

SUKOHARJO – Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas Pasar Ir Soekarno ternyata tidak hanya dipersoalkan oleh PT Ampuh Sejahtera (AS) selaku kontraktor proyek tersebut. Pimpinan DPRD Sukoharjo juga mempersoalkan salah satu poin dalam LHP tersebut karena rawan terjerat hukum.
Wakil Ketua DPRD SukoharjoArdy Parastyo mengatakan, salah satu item opini yang tertuang dalam LHP tersebut menyangkut tentang anggaran. Sebab, ini terkait dengan fungsi anggaran (budgeting) DPRD.
Dalam LHP disebutkan bahwa pembangunan Pasar Ir Soekarno tidak didukung anggaran memadahi. Pembangunan pasar ini awalnya direncanakan terdiri dari gedung A dan B. Konsultan perencana telah menetapkan RAB/EE atas rencana pembangunan pasar sebesar Rp 32,7 miliar. Namun, karena anggaran Pemkab Sukoharjo yang tersedia tidak mencukupi, akhirnya dilakukan penyesuaian dengan pagu anggaran yang tersedia.
Penyesuaian dilakukan dengan mengurangi beberapa item pekerjaan. Di antaranya, pengurangan anggaran untuk pembangunan gedung B, dari semula Rp 6,3 miliar menjadi Rp 3,2 miliar. Menghilangkan item pekerjaan penataan halaman dan landscape serta pekerjaan bangunan dan prasarana pendukung. Sehingga diperoleh RAB DED akhir setelah penyesuaian anggaran menjadi Rp 27,5 miliar. Kegiatan itu dianggarkan dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) 2012 tercatat No.1.03.2.07.01.30.07.5.2 tertanggal 24 April 2012. Selanjutnya PPK menyusun harga perkiraan sendiri (HPS) sebesar Rp 27,4 miliar
“Poin yang menyebutkan pasar tidak didukung anggaran memadahi ini masih multitafsir. Dewan (legislatif) bisa diartikan tidak fair dalam penganggaran. Kami harus menjelaskan ini kepada BPK,” kata Ardi Parastyo, kemarin (23/5).
Saat ditanya apakah pemberian penjelasan ke BPK itu merupakan perintah dari BPK atau sebuah inisiatif dari pimpinan dewan, Ardi mengatakan bahwa jawaban atas LHP tersebut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. (sof/bun/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.