Melukis Bersama-sama, Saling Bertukar Pengalaman

303

Ketika seniman Thailand Berkolaborasi dengan Pekerja Seni Borobudur       

Ada pemandangan menarik di Limanjawi Art House di
Dusun Tingal Kulon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, kemarin. Sebanyak 14 seniman asal Thailand berkolaborsi dengan belasan seniman Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) membuat dua buah lukisan.

Mereka pun melukis sesuai alirannya masing-masing. Ada yang ekspresionalisme, dadalisme dan lainnya. Ternyata, mereka mampu membuat sebuah lukisan yang indah.       
Pimpinan rombongan seniman Thailand, Watanot Tongateja mengatakan, kedatangannya ke Borobudur dalam rangka persiapan workshop di
Bentara Budaya Jogjakarta. Namun di tengah-tengah persiapan itu, pihaknya diajak olah sejumlah seniman Indonesia (panitia lokal), berkeliling ke sekitar Jogjakarta dan Magelang.       
“Kami senang berada di sini (Magelang). Damai dan orang-orangnya sangat bersahabat dan terbuka menerima kami. Apalagi kami diajak ke Candi Borobudur dan bertemu dengan seniman-seniman di sekitarnya. Ibaratnya, kami ke sini
(Borobudur) bisa beribadah sekaligus belajar dan tukar pengalaman
dengan seniman,” katanya.       
Ditambahkan Hadi Susanto, salah satu seniman Jogjakarta yang ikut
dalam rombongan itu, kedatangan seniman dari Thailand ini, merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya, pihaknya bersama beberapa seniman Indonesia bulan Januari lalu, selama tiga hari juga berkunjung ke Thailand.
“Di Thailand kemarin, kami juga mengadakan workshop. Sebelumnya, kami juga diajak berkeliling dan bertemu dengan sejumlah seniman di sana (Thailand). Jadi ini kunjungan balasan biasa saja saja,” imbuhnya.       
Umar Khusaeni, pemilik Limanjawi Art House sekaligus pimpinan KSBI mengaku senang dan tak mengira akan mendapat kunjungan. “Terus terang, kami senang mendapat kunjungan ini. Kami bisa belajar dan tukar pengalaman dengan mereka. Selain itu, kami juga dapat melukis bersama. Untuk tema lukisan ini, adalah seni untuk perdamaian,” lanjutnya.       
Terkait kaloborasi itu, pihaknya berharap menginspirasi para pimpinan
negara Thailand untuk segera berdamai. “Ya semoga melalui lukisan yang kami buat ini, dapat menginspirasi para pimpinan negara Thailand, agar segera berdamai,” harapnya. (vie/lis)