Perawat Harus Paham Kesehatan Jiwa

303

MAGELANG– Perawat kesehatan kerap kali tak mengerti masalah kejiwaan. Padahal, sebagai garda depan perawat dituntut juga mampu memahami masalah kejiwaan di tempatnya bekerja.     
“Sehingga setidaknya para perawat ini bisa melakukan tindakan awal sebelum dibawa ke rumah sakit jiwa,” kata Dr Eka Ari Wibawa, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Magelang di sela-sela pelatihan program kesehatan jiwa masyarakat bagi petugas kesehatan di aula Dinkes Kabupaten Magelang, kemarin.     
Pelatihan digelar atas kerja sama Dinkes Kabupaten Magelang dan UMM. “Berdasarkan Riskesdes tahun 2007, Kabupaten Magelang menduduki rangking ketiga di Jawa Tengah dalam prevalensi gangguan mental, yang berarti  merupakan masalah serius yang  perlu mendapatkan perhatian khusus,” katanya.
Sehingga, puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat  diharapkan memiliki tenaga yang handal  agar promosi, prevensi, kurasi, dan rehabilitasi terhadap pasien jiwa.
Dia berharap, output dari pelatihan tersebut akan terwujud Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ). Di Kabupaten Magelang dimana saat ini baru ada satu DSSJ yakni di Desa Banyuroto, Sawangan. (vie/lis)