Perizinan Raup Rp 387 Juta

401

TEMANGGUNG—Sektor perizinan yang menjadi salah satu andalan pendapatan daerah hanya mampu meraup pendapatan Rp 387 juta selama triwulan pertama 2014. Pendapatan tersebut didominasi perizinan kecil dalam jumlah yang banyak. Jumlah pendapatan tersebut diperoleh dari perizinan sebanyak 375 SK yang dikeluarkan.
“Kita sosialisasikan terus agar perizinan dapat meningkat pendapatannya sehingga memberi kontribusi pendapatan daerah lebih baik lagi,” kata Kepala Kantor Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (KP3M) Temanggung, Woro Andiyani.
Ia mengatakan, perizinan paling banyak diperoleh adalah izin gangguan (HO) dengan total SK yang dikeluarkan sebanyak 109. Pada urutan kedua, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sebanyak 88 SK dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dengan jumlah angka yang sama. “Untuk HO pendapatan sebanyak Rp 94,5 juta, sedangkan SIUP dan TDP gratis,” katanya.
Dikatakan, sektor pendapatan lain terbesar diperoleh dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari 28 perizinan yang ditangani telah mampu mengumpulkan Rp 271,1 juta. Sedangkan satu unit tower yang dibangun memberikan tambahan pendapatan daerah sebanyak Rp 16,4 juta.
Pendapatan lain diperoleh dari pengeluaran izin trayek angkutan. Pada izin ini, dari sebanyak 44 permohonan izin yang diterima mendapatkan Rp 5,6 juta. “Untuk total perizinan yang kami terima sebanyak 375 SK yang telah diterbitkan, kebanyakan perizinan yang tanpa biaya,” terangnya.
Untuk perizinan usaha besar, rata-rata yang ditangani masih memiliki kendala sehingga belum mengeluarkan perizinan untuk usaha tersebut. Sistem perizinan dengan pola lintas SKPD dinilai merupakan salah satu kendala utama. “Kita sedang bersiap sistem satu SKPD menangani seluruh proses perizinan,” tandasnya.
Anggota DPRD Temanggung, Umi Tsuwaibah, mendesak agar Pemkab segera menerapkan one stop services yang dinilai dapat mendongkrak pendapatan dari sektor perizinan. Usaha besar harus diberikan akses mudah sehingga wilayah Kabupaten Temanggung menjadi sasaran investasi. (zah/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.