Siapkan Pemain Alternatif

296

SEMARANG – PSIS sore kemarin berujicoba melawan Tim Pra PON Jateng di Stadion Jatidiri, Semarang. Dalam ujicoba tersebut, PSIS menang 2-0 atas tim asuhan Firmandoyo tersebut. Gol dicetak semuanya melalui tendangan bola mati yakni melalui Ronald Fagundez (15′) dan M Yunus (29′).
Menurut Eko Riyadi, dalam laga ujicoba tersebut dirinya tidak melihat hasil menang ataupun kalah. Namun dirinya ingin melihat sejauh mana permainan timnya terutama pemain pengganti. ”Kita tidak mencari menang atau kalah. Tapi ujicoba ini untuk mencari alternatif pengganti pemain yang harus disiapkan apabila pemain utama cedera ataupun sakit,” jelas kata Eko Riyadi, Jumat (23/5) usai laga ujicoba PSIS melawan tim Pra PON Jateng, di Stadion Jatidiri Semarang.
Selain itu, Eko juga memperbaiki beberapa lini yang menyisakan celah, dan itu terlihat saat PSIS kalah dari Persis Solo beberapa waktu lalu. ”Kami perbaiki organisasi permainan di sisa waktu ini. Termasuk transisi dari menyerang ke bertahan masih kurang maksimal,” jelasnya.
Dalam laga sparing partner kemarin, PSIS mencoba formasi 4-4-2 dengan menurunkan pemain kiper Ivo, Fauzan, Welly, Sunar Sulaiman, Taufik Hidayat, M Yunus, Komedi, Fadli Manna, Ronald Fagundez, dan dua striker Harry Nur dan Julio Alcorse.
Di babak kedua, beberapa pemain diganti oleh Eko Riyadi dan menurunkan beberapa pemain seperti kiper ketiga Fajar, bek Safrudin Tahar, Edy Gunawan, Franky, Andi Rohmat, Elmerio, Putra, dan striker lokal Saptono. Mengenai permainan salah satu pemain magang Elmerio, Eko Riyadi memberikan apresiasi positif dengan pemain muda ini.”Elmerio sudah bisa mengikuti irama permainan pemain senior. Dia memang semakin ada peningkatan,” bebernya.
Di pos penggempur saat ini pelatih yang juga pernah berkostum PSIS itu sudah bisa memanfaatkan tenaga bomber Saptono yang di masa persiapan kemarin harus absen lama lantaran cidera.
Kembalinya Saptono diharapkan bisa menambah kekuatan tim. Eko mengatakan eks pemain PON Jateng itu bisa bermain di beberapa posisi seperti gelndnag serang, second striker dan posisi aslinya sebagai ujung tombak. “Selain itu di posisi gelandang bertahan kita juga akan menjajal beberapa alternatif karena kita punya beberapa pemain di pos itu seperti Komaedi dan Vidi Hasiholan,” lanjut Eko Riyadi kemarin.
Sementara terkait dengan kuota pemain tambahan, saat ini PSIS masih terus memburu tigapemain tambahan untuk mengisi skuat berjuluk Mahesa Jenar itu. Rencananya sebelum kick-off putaran kedua 31 Mei mendatang pemain baru Mahesa Jenar itu akan diperkenalkan ke publik.
“Saat ini masih dalam proses negosiasi sehingga belum bisa kami katakan. Nanti kalau semua sudah jelas baru akan kita sampaian. Yang jelas kan kita mencari tiga pemain untuk posisi striker, center bek dan gelandang,” kata manajer tim PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto. (bas/smu)