Tak Diterima SNMPTN, Bisa Ikuti SBMPTN

352

GUNUNGPATI – Semenjak Selasa (27/5) pukul 12.00 WIB, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 diumumkan. Dari 49.900 pendaftar ke Universitas Negeri Semarang (Unnes), hanya 3.372 yang dinyatakan diterima.
Dari jumlah yang diterima, 1.399 orang merupakan calon penerima beasiswa Bidikmisi. ”Total pemohon Bidikmisi ke Unnes melalui SNMPTN tahun ini 15.599 orang. Jumlah ini merupakan yang terbanyak di seluruh indonesia,” kata Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman.
Fathur mengemukakan, pemohon Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima Unnes masih akan diverifikasi. Verifikasi melibatkan mahasiswa dengan mengecek langsung ke rumah-rumah pemohon. ”Jika ternyata pemohon bukan berasal dari keluarga tidak mampu, maka statusnya sebagai calon penerima Bidikmisi dibatalkan,” tandas Rektor.
Tidak diterima pada SNMPTN bukan berarti akhir dari perjuangan untuk memperebutkan kursi PTN. Kesempatan masih terbuka lebar, karena masih ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014.
Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan, SBMPTN merupakan seleksi yang digelar secara nasional dan didasarkan pada hasil ujian tulis dan uji keterampilan untuk program studi seni/olah raga. ”Yang bisa mengikuti seleksi ini lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat tahun 2012, 2013, dan 2014,” ungkapnya. Pendaftaran secara online telah dibuka sejak 12 Mei lalu hingga 6 Juni mendatang.
Tahun ini Unnes menyediakan 35 persen kuota keseluruhan mahasiswa baru melalui SBMPTN, 55 persen lewat SNMPTN, dan 10 persen akan diterima melalui Seleksi Mandiri (SPMU). Tahun ini Unnes akan menerima 6.390 mahasiswa baru dari tiga jalur tersebut. (mg1/ton/ce1)