Ciptakan Robot Pemindah Barang Otomatis

452

TUGU MUDA – Kreativitas siswa kembali ditunjukkan siswa-siswi SMK Negeri 7 Semarang. Mereka kini mampu menciptakan lengan robot pemindah barang otomatis yang dapat digunakan untuk membantu para pengusaha industri.
Kemarin, robot pemindah barang dipertontonkan pada pameran bertajuk Kreasi dan Seni untuk Membangun Karakter Siswa. Pameran berlangsung di halaman kantor Disdik Jateng Jalan Pemuda.
Kepada koran ini, ketua tim pembuat lengan robot barang SMK 7, Maulidil Anam mengatakan, alat tersebut sangat membantu untuk memindah barang dalam sebuah usaha perusahaan. Utamanya, saat proses pengepakan barang. Alat ini masih berupa miniatur, namun bisa dikembangkan lagi seperti di perusahaan-perusahaan besar.
”Jadi, perusahaan tidak perlu menggunakan tenaga manusia lagi. Dengan alat ini, secara otomatis barang bisa dipindahkan dengan sistem lengan robot. Memang bentuknya mini, tapi secara teknis kami sudah menemukan cara pembuatannya.”
Maulidil mengatakan, ada tujuh siswa SMK Negeri 7 yang membuat alat tersebut. Dalam pembuatannya, hanya butuh waktu tiga bulan, tanpa bantuan dari pihak mana pun. ”Yang membuat ini dari siswa Jurusan Teknik Mekatronika,” jelasnya.
Dikatakan, lengan robot pemindah barang otomatis, sudah siap dipesan di SMK Negeri 7, dalam bentuk besar. Para siswa berharap ada perusahaan industri yang merespons robot ciptaan mereka. ”Setidaknya ini sebagai contoh bahwa teknik elektroniknya sudah kami kuasai.”
Ketua Kompetisi Keahlian SMKN 7, Bunyani Ramlan, mengatakan, lengan robot pemindah barang ini sistem kerjanya bisa menggunakan kontrol jarak jauh dan manual. Komponennya ada relay, katub selenoit dan sistem mekaniknya ada penomatik, dan motor DC. ”Komponen kelistrikannya digabung antara mekanik dan elektronik. Semoga dengan alat ini bekerja memindah barang bisa lebih cepat.”
Sedikitnya, ada 10 stan kreasi siswa se-Kota Semarang dipamerkan. Stan SMA, SMK dan universitas. meramaikan kegiatan pameran dan kreasi seni tersebut. Kepala Disdik Jateng, Nur Hadi Amiyanto, yang sebelumnya dijadwalkan akan membuka acara, dalam kesempatan tersebut berhalangan hadir.
Dalam sambutannya, Kepala Disdik Jateng, Nur Hadi Amiyanto yang dibacakan oleh Kartono, selaku Sekretaris Disdik Provinsi mengatakan, kreativitas para penerus bangsa tersebut harus menjadikan bangsa Indonesia menjadi maju.
”Semoga kreativitas dari generasi penerus bangsa ini dapat diapresiasi oleh semua pihak,” katanya. (mg1/adv/isk/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.