Tuntut Gerakan Revolusi Karakter

273

TUGU MUDA – Puluhan mahasiswa Unissula yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Pelita Nusantara (Pilar) menggelar aksi di bundaran Tugu Muda, kemarin, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.
Aksi yang berjalan damai ini, dijaga ketat pihak kepolisian. Mahasiswa melakukan long march dari lapangan Simpanglima ke Tugu Muda.
Dalam orasinya, mahasiswa menganggap selama 69 tahun setelah lahirnya Pancasila, warga Indonesia justru semakin merana. Merana lantaran terperangkap dalam kemiskinan. Selain itu, tindakan kuropsi yang semakin merajarela, membuat bangsa ini tak bisa lepas dari kemiskinan.
Koordinator aksi, Kamal Khairi, menuntut pemerintah dan masyarakat Indonesia kembali pada karakter asli, yakni gotong royong dan Pancasila sebagai indentitas bangsa yang sesungguhnya. “Kita nyatakan gerakan nasional revolusi karakter, sehingga bangsa ini bisa maju dan terentas dari kemiskinan.“
Gerakan nasional revolusi karakter, terdiri atas tiga poin. Yakni, kembali kepada karakter yang sejati, yakni gotong royong dan membangkitkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai identitas bangsa. “Poin selanjutnya, kita bangkitkan rasa nasionalisme menuju Indonesia yang lebih berkarakter.“ (den/isk/ce1)