Lawan Persis, Target Seri

292

TEMANGGUNG — Berat untuk mencapai kemenangan sempurna saat menghadapi Persis Solo pada putaran kedua Divisi Utama PT Liga Indonesia nanti sore di Stadion Manahan Solo, Persitema cuma mematok target seri.
Pelatih Kepala Persitema, Yopie Riwoe mengatakan, porsi latihan Persitema dikurangi, menyusul persiapan pertandingan pada hari ini di Solo.
”Untuk sementara kita kurangi dulu porsi latihan kita. Kita hanya memperkuat body maintenance untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jangan terlalu memaksa, sebab bisa jadi nanti pas bermain malahan kalah,” kata Yopie.
Menghadapi Persis Solo, bukan perkara mudah. Pada akhir putaran pertama lalu, Persis berhasil membungkam Persitema dengan skor tipis di kandang sendiri. Belum lagi, koleksi 17 poin yang dikantongi Persis, jauh di atas Persitema yang berada di angka 2. ”Kita tidak boleh menyerah.”
Yopie menjelaskan, menghadapi tim besar perlu strategi khusus untuk meraup kemenangan. Maka, target bermain imbang dipasang oleh coach Yopie, dalam lawatannya ke Solo. Bertahan dengan skor imbang, akan dilakukan dengan bermain rapi dan tidak terburu-buru.
”Kita lakukan kesalahan sedikit saja, itu keuntungan bagi lawan. Apalagi sampai membuat pelanggaran. Bola free kick itu berpotensi menjadi serangan mematikan. Jadi yang perlu kita lakukan, hanya bermain santai dan tidak terburu-buru, sabar,” terangnya.
Salah satu kuncinya, terang Yopie, membuat tuan rumah merasa berkuasa di atas lapangan. Dengan begitu, mentalitas mereka cenderung lebih besar dan sedikit arogan.
Posisi psikologis semacam itu, justru bisa menjadi celah bagi Persitema untuk mencuri kesempatan. ”Sabar dan terus mengulur pertandingan, sehingga mereka jengah. Saat itulah kita bangun serangan.”
Manajer Persitema, Yunianto, menambahkan, dalam hal pelatihan dan penerapan pola pertandingan, pihaknya menyerahkan kepada sang pelatih.
Posisi pelatih kepala yang cukup berpengalaman, diharapkan mampu mengolah Laskar Bambu Runcing dengan sempurna. ”Saya serahkan sepenuhnya pada pelatih, beliau lebih paham.” (zah/isk/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.