Lelang Jabatan Dilakukan Akhir Tahun

349

SALATIGA—Wali Kota Salatiga Yuliyanto dalam waktu dekat segera merealisasikan program lelang jabatan di lingkungan Pemkot Salatiga. Dengan program ini, hanya pejabat yang mumpuni dan yang bisa bekerja sesuai tupoksi (tugas, pokok, dan fungsi) saja, yang bisa mengembannya.
“Semua akan dilakukan dengan transparan. Kami sedang membahas mekanisme lelang jabatan ini,” terang Wali Kota Yuliyanto saat dikonfirmasi wartawan, beberapa waktu lalu.
Dalam kesempatan terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Salatiga, Adhi Isnanto menuturkan bahwa pihaknya telah selesai menyusun regulasi pelaksanaan lelang jabatan. Hanya saja, program itu belum siap untuk dilaksanakan satu dua bulan ke depan. Kemungkinan setelah lebaran.
“Kami telah selesai menyusun mekanisme pelaksanaan lelang jabatan dan segera kami kirimkan ke wali kota. Harapannya bisa dilaksanakan secepatnya di lingkungan Pemkot,” tutur Adhi saat dikonfirmasi wartawan.
Mekanisme lelang jabatan, lanjut Adhi, akan dimulai dengan pengumuman dari Pemkot mengenai jabatan–jabatan yang akan direposisi atau diisi. Setelah diumumkan, maka PNS yang berminat bisa mengajukan pendaftaran kepada tim seleksi yang nantinya akan dibentuk.
”Tentunya yang mendaftar harus sesuai dan masuk syarat administrasinya. Setelah itu, dilakukan tes tertulis dan wawancara oleh tim seleksi. Termasuk para pejabat pendaftar harus memapar visi misi yang akan diterapkan apabila terpilih,” jelas dia.
Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Kota Salatiga, Suniprat meminta Pemkot segera melakukan lelang jabatan. (sas/ida)