Memiliki Apartemen Jadi Gaya Hidup

274

SEMARANG – Apartemen kian berkembang di kota-kota besar, termasuk di Kota Semarang. Selain sebagai hunian alternatif, apartemen juga menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Dalam perkembangannya, apartemen kini jadi bagian dari gaya hidup,
Kepala Dewan Perwakilan Daerah (DPD) REI Jawa Tengah Bidang Promosi Humas& Publikasi Dibya K. Hidayat mengatakan apartemen memiliki nilai tambah bagi investasi. Nilainya pun terbilang menguntungkan di masa depan. ”Di Kota Semarang, apartemen sudah mulai berkembang. Banyak juga pengembang yang kini mulai menyasar segmen ini,” ujarnya, kemarin.
Namun demikian, apartemen belum dianggap sebagai kebutuhan tempat tinggal. Kalangan menengah ke atas melirik apartemen masih sebagai lifestyle dan kebutuhan investasi. Hal ini disebabkan kebutuhan masyarakat terkait tempat tinggal masih bisa dipenuhi landed house. ”Saat ini, untuk Kota Semarang, masyarakat masih banyak mencari landed house. Tapi dari waktu ke waktu keberadaan landed house akan semakin bergeser ke pingiran kota. Karena itu, apartemen mulai dilirik sebagai hunian,” paparnya.
Apartemen biasanya dibangun di lokasi-lokasi strategis seperti pusat perkantoran maupun pusat bisnis. Tinggal di apartemen menekankan efisiensi waktu dan kepraktisan. Keuntungan tinggal di apartemen menguntungkan karena jangkauan lebih dekat dan keamanan terjamin. Penghuni akan merasa lebih tenang karena penjagaan selama 24 jam dan CCTV terus memantau. ”Untuk saat ini, Semarang lalu lintasnya masih tidak terlalu macet. Jadi kalaupun rumah mereka berada di pinggiran kota, untuk ke pusat kota maupun pusat bisnis masih bisa ditempuh dalam waktu yang lumayan, beda halnya dengan kondisi di Jakarta atau kota besar lainnya,” jelas Dibyo. (dna/smu/ce1)