2 Tahun Mandek di Polisi

321

Dugaan Penipuan Cek Kosong

KARANGAYU – Wismimandannie, 47, warga Jalan Jenderal Sudirman, Semarang Barat kembali mendatangi Mapolsek Semarang Barat, Selasa (3/6). Ia mempertanyakan perkembangan kasus penipuan senilai Rp 1 miliar yang dialaminya. Meski sudah dua tahun berlalu, kasus yang dialaminya itu tidak pernah ada kejelasan dan terkesan mandek di jalan.

Kasus penipuan yang dialami Wismimandannie ini terjadi pada tahun 2009 silam. Bermula ketika seorang rekannya bernama Sugiarto menghubungi dan mengatakan jika temannya bernama Alfonsius alias Ajui akan meminjam uang Rp 1 miliar.

Annie kemudian bertanya jaminan apa yang akan diberikan, karena jumlah uang dipinjam banyak. Ajui kemudian menawarkan cek ditambah tiga sertifikat tanah dan bangunan atas nama Alfonsius. ”Saya akhirnya bersedia meminjami uang. Karena ada jaminan dan memang sudah kenal dengan Sugiarto. Intinya modal saya hanya kepercayaan,” aku Wismimandannie.

Setelah terjadi kesepakatan, Alfonsius dan Sugiarto datang ke rumah Wismimandannie pada 19 November 2009. Saat datang, keduanya mengajak rekannya bernama Andi. ”Setelah semua deal, saya serahkan cek langsung senilai Rp 1 miliar. Sebagai jaminan saya diberi 3 sertifikat dan cek Rp 1.050.000.000 miliar,” tambahnya.

Jangka waktu peminjaman selama satu bulan dengan bunga sebesar 5 persen. Tapi setelah jatuh tempo, tidak ada kejelasan terkait dengan dana tersebut. Ia pun bermaksud mencairkan uang ke Bank KCP Siliwangi pada 21 Desember 2009. ”Tapi bank mengeluarkan penolakan kliring atas cek yang diberikan Alfonsius alias Ajui,” tambahnya.

Wismimandannie berusaha meminta kejelasan kepada Alfonsius, tapi tidak mendapatkan kejelasan. Begitu pula ketika meminta uang ke Andi. Ia merasa dipingpong dan tidak juga mendapatkan uang kembali. Kasus itu akhirnya dilaporkan ke Polsek Semarang Barat. ”Saya akhirnya lapor polisi. Tapi sudah dua tahun tidak jalan dan mandek,” geramnya.

Jengkel, Wismimandannie akhirnya mengadu ke Kapolda Jateng, Irjenpol Nur Ali. Kasus ini sudah mulai berjalan dan sudah dilakukan gelar perkara dan akan diselesaikan. ”Sudah ketemu Kapolda, kasus ini sudah diminta diselesaikan,” tambahnya.
Kasus ini masih terus didalami Unit Reskrim Polsek Semarang Barat. Wismimandannie sudah dipanggil untuk melengkapi berkas kasus penipuan yang dialaminya. (fth/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.