Hari Lansia, Wabup Maya Menari India

338

WONOSOBO – Hari Lanjut Usia (Halun) ke-18 di Kabupaten Wonosobo, kemarin, diperingati dengan suasana menghibur dan penuh keakraban.
Sedikitnya 500 manula dari 15 kecamatan, memadati pendopo kabupaten. Beragam acara, mulai senam sehat lansia, tari payung, tari angguk, lengger hingga fashion show disuguhkan. Bahkan, Wakil Bupati Maya Rosida ikut terlibat, berperan sebagai penari India.
Opera mini yang melibatkan Maya Rosida sebagai Ketua Komda Lansia, menutup rangkaian acara. Bersama sejumlah pengurus lansia, Maya tampil percaya diri. Ia berlenggak-lenggok menari, berbusana India, berbaur dengan penari lain yang memerankan berbagai peran. Hasilnya, totalitas Wabup Maya dalam berbaur dengan para lanjut usia, menuai applaus panjang dan pujian dari kaum sepuh Wonosobo.
Di depan segenap unsur muspida dan Ketua DPRD Wonosobo yang hadir, Wabup Maya mengakui semangat kaum sepuh di Kabupaten Wonosobo layak mendapat acungan jempol.
”Di usia yang sudah mendekati angka 80, banyak yang masih sangat aktif dalam beragam kegiatan, baik seni dan budaya, maupun sosial kemasyarakatan,” katanya.
Maya mencontohkan, para lansia penari angguk dari Selomerto dan penari lengger dari Sendangsari dan Candi Mudal, yang dalam kesempatan tersebut, unjuk kebolehan.
Dengan semangat untuk berkesenian maupun beraktivitas dalam kegiatan-kegiatan positif lainnya, Wabup Maya yakin, kaum lansia di Wonosobo akan mampu mempertahankan kesehatan diri. Juga tetap memberi makna bagi masyarakat luas.
Kunci lainnya, selain menjaga semangat dan kesehatan, menurut Maya, para sepuh diminta senantiasa memupuk kebahagiaan. Tujuannya, agar tercipta ketenteraman lahir dan batin. Yakni, berkumpul bersama anak cucu dan rutin bersosialisasi dengan sesama lansia. Juga mengikuti posyandu lansia secara berkala.
”Ke depan, saya berharap agar perhatian terhadap aktivitas lansia di Kabupaten Wonosobo lebih optimal lagi, sehingga kreativitas dalam berkesenian, maupun aktivitas sosial kemasyarakat di kalangan lansia juga semakin beragam,” harapnya.
Harapan wabup tersebut, selaras dengan pernyataan Ketua Panitia Halun 2014, Muhson. Menurut dia, aktivitas kaum lansia di Wonosobo butuh dukungan penuh semua pihak.
”Dengan adanya dukungan, baik moril maupun materiil yang memadai, kami optimistis para lansia Wonosobo akan semakin aktif dan mampu memberi makna positif. Terutama dalam upaya menjadi teladan bagi generasi muda.” (ali/lis/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.