Masak Singkong, Rumah Terbakar

316

MAGELANG — Kebakaran meludeskan satu rumah warga, kemarin, pukul 08.00, terjadi di Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah. Kerugian mencapai jutaan rupiah. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Semua bagian rumah yang berada di Kampung Jambon Wot RT 07/RW 06, Kelurahan Cacaban itu sudah menjadi arang.
Rumah yang terbakar milik Siswoyo Subroto, yang kini tinggal di Boyolali. Rumah itu ditempati para kerabatnya yang terdiri atas 5 kepala keluarga (KK).
Diduga kebakaran berasal dari api tungku kayu, saat penghuni rumah, Anisa Tika, 23, memasak singkong. Saat ditinggal membersihkan kamar sembari mengawasi buah hatinya yang baru berusia 2 tahun, Anisa lupa mematikan tunggu. Api muncul dari sekat kamar, dalam kondisi membesar.
Amukan si jago merah tak terbendung. Melihat itu, korban panik. Ia segera menggendong anak balitanya ke luar rumah, berteriak-teriak meminta tolong.
”Saya panik melihat asap menerobos sekat kamar. Saya langsung lari keluar membawa anak saya,” katanya sambil menangis menceritakan kejadian itu.
Warga yang sempat melihat, berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Hanya menggunakan ember dan slang. ”Air diambil dari musala Al-Fatah yang kebetulan berdampingan dengan rumah korban,” kata Suwarsono, 40, tetangga korban, yang juga ketua RT setempat.
Melihat api mulai membesar, warga menghubungi UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Magelang. Tak lama berselang, petugas damkar datang. Satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan. Namun, rumah sudah jadi arang.
Selama ini, rumah yang terbakar dihuni oleh 5 kepala keluarga. Terdiri atas nama Supono, Suwanto, Yanuar Susanto, Suratinah dan Slamet. Mereka ada famili Siswoyo Subroto. ”Ini kejadian kebakaran yang kedua kalinya di Cacaban,” kata Suwarsono.
Kasubag Humas Polsek Magelang Tengah AKP Esti Wardiani membenarkan kejadian tersebut. ”Sementara belum diketahui penyebab kejadian kebakaran. Kami masih menyelidiki.” (mg4/isk/ce1)