Paket Punthuk Setumbu

303

MAGELANG – Keindahan Candi Borobudur, tidak hanya bisa dinikmati dari dekat. Dari kejauhan sekitar 5 kilometer pun, Candi Borobudur akan tampak memesona dan anggun. Wisatawan dapat menikmatinya dari Bukit Punthuk Setumbu. Bukit itu berada di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur.
Dari atas bukit itu, keindahan Candi Borobudur pada pagi hari, akan terlihat sempurna. Seolah-olah dikalungi cincin kabut putih, dengan semburat sinar matahari, sehingga yang terlihat hanya puncaknya.
Melihat peluang itu, Atria Hotel Magelang menawarkan paket Punthuk Setumbu Sunrise ke tamu-tamu yang menginap. ”Paket ini terdiri atas 2 jenis, yaitu paket sekaligus dengan akomodasi kamar dan paket tanpa akomodasi kamar,” tutur Public Relation Manager Atria Hotel and Conference Magelang, Candid Erdiata dalam rilisnya kemarin.
Menurut Candid, paket ini cukup menarik. Diawali dengan perjalanan menuju Bukit Punthuk Setumbu, hanya berjarak 20 menit dari hotel. Dan, hanya 10 menit berjalan kaki menuju puncaknya, dari area parkir mobil di bukit. Disarankan sudah berada di puncak bukit pada paling lambat pukul 04.45 pagi, agar tidak tertinggal momen ketika sinar matahari mulai muncul. Selama perjalanan, tamu akan dipandu oleh guide lokal yang pintar berbahasa Inggris.
”Ketika matahari sudah mulai terasa panas dan terang, sekitar pukul 06.00–06.30 pagi, tamu sudah bisa turun,” ujarnya.
Tamu dapat mengunjungi Candi Borobudur, Candi Pawon, dan Museum Borobudur. Aktivitas lainnya, mengunjungi home industry pembuatan batik dan gerabah.
Tamu bahkan dapat langsung mempraktikkan membatik bersama para perajinnya. Akhir dari wisata alam ini adalah makan siang di Pondok Tingal dengan menu-menu tradisional. Seperti yang khas dari Magelang, yaitu kupat tahu atau nasi megono. (lis/ce1)