Spesialis Pemantau

327

ZAENAL Faizin, identik dengan pengawasan di berbagai bidang. Setelah dua periode memimpin Panwaslu Temanggung, pria kelahiran 1959 ini sekarang menjadi orang kedua di Dewan Pendidikan, sebuah lembaga yang mengawasi pendidikan.
”Memang begitu, saya diminta untuk membantu di bidang pengawasan. Selama mampu, saya siap. Jadi banyak relasi yang menyebut saya sebagai spesialis pengawas,” kata ayah tiga anak itu.
Jebolan IKIP PGRI Jogjakarta, IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, dan UMS Solo itu, sejak awal konsisten di dunia pendidikan. Sejak kuliah S1 hingga pascasarjana, yang ditempuhnya berkutat soal pendidikan. ”Saya sangat berterima kasih masih memercayai saya untuk mengabdi bagi Temanggung,” ucap mantan akademisi STAINU Temanggung itu.
Pemantau dan pengawas, baginya dunia yang menarik. Tak jarang, menjalani pekerjaan tersebut, berbenturan dengan berbagai pihak yang melanggar peraturan dan harus terjadi konflik.
”Konflik itu biasa terjadi. Ini tentang bagaimana kita menyikapinya dengan arif. Sejauh ini, saya melewati, semuanya dengan baik-baik saja,” tandas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Temanggung itu. (zah/lis/ce1)