16 Kali Mencuri Motor, Dibekuk

446

GETASAN – Aparat Unit Reskrim Polsek Getasan berhasil meringkus seorang pencuri spesialis sepeda motor saat melakukan transaksi penjualan sepeda motor curian di Magelang. Tersangka teridentifikasi bernama Puji Fitriyanto, 21 warga Desa Batur RT 1 RW 1, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Polisi juga berhasil menyita sedikitnya 16 sepeda motor hasil curian yang dilakukan tersangka bersama temannya, Nurkolis, yang saat ini masih menjadi buronan polisi.
Tersangka mengaku melakukan aksinya bersama temannya. Modusnya berkeliling mencari sasaran sepeda motor yang ditinggalkan di tempat sepi atau di parkiran pinggir jalan. Targetnya sepeda motor yang tidak dilengkapi kunci tambahan. Selama 3 bulan beraksi tersangka sukses membawa kabur 16 sepeda motor.
“Selama 3 bulan sudah mendapatkan 16 sepeda motor. Biasanya saya mencuri sepeda motor di pinggir jalan persawahan yang sepi dan di parkiran saat ada hiburan. Di Getasan ada 4 sepeda motor yang dicuri, lainnya kami curi di daerah Ngablak,” aku Puji saat gelar perkara di Mapolsek Getasan, Kamis (5/6) kemarin.
Menurut tersangka Puji, dirinya bertindak sebagai eksekutor. Dibutuhkan waktu satu menit untuk mencuri sepeda motor. Puji menggunakan kunci palsu dari merek Suzuki, Yamaha dan Honda. Selanjutnya sepeda motor hasil curiannya dijual kepada para petani atau warga yang membutuhkan sepeda motor untuk transportasi di kebun atau hutan. Tersangka Puji menjual di kawasan Magelang dan sekitar Kecamatan Getasan yang berbatasan langsung dengan Magelang.
“Kebanyakan yang saya curi merek Yamaha, karena mudah dicuri menggunakan kunci palsu. Paling lama satu menit saya mencuri satu sepeda motor. Lalu saya jual pada petani yang membutuhkan karena murah dan tidak butuh surat-surat karena mereka hanya menggunakan di kebun. Saya jual Rp 1 juta per sepeda motor dan uangnya kami bagi dua. Saya baru kali ini terlibat kasus kriminal, Pak,” tutur lelaki yang masih membujang ini.
Tersangka sebenarnya sudah lama diburu lantaran kerap melakukan aksi pencurian di Getasan dan daerah sekitarnya. Aksi tersangka akhirnya tercium oleh petugas Unit Reskrim Polsek Getasan. Penyelidikan dipimpin Kapolsek Getasan AKP Sumaryoto akhirnya membuahkan hasil setelah mendapatkan informasi adanya jual beli sepeda motor tanpa surat-surat dengan harga murah. Kemudian polisi menyaru sebagai pembeli dan melakukan transaksi di kawasan Magelang. Setelah tersangka muncul dengan sepeda motor curiannya, polisi langsung meringkusnya. Saat itu juga tersangka dikeler untuk menunjukkan sepeda motor curiannya yang sudah dijual kepada sejumlah petani.
“Kita mendapatkan informasi adanya penjualan sepeda motor dengan harga murah tanpa surat-surat. Selanjutnya dilakukan upaya penyelidikan dengan memancing tersangka untuk bertransaksi di Magelang. Kemudian tesangka kami tangkap dan barang bukti berhasil kami sita. Tersangka akan kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian,” ungkap Kepolres Semarang AKBP Augustinus B. Pangaribuan. (tyo/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.