Dibekali Antisipasi MERS

361

SALATIGA—Kota Salatiga pada musim haji 2014 ini akan memberangkatkan sebanyak 217 orang calon jamaah haji. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan kuota calon jemaah haji (calhaj) Salatiga 2013 sebanyak 255 orang.
“Pengurangan kuota 20 persen masih diberlakukan. Sehingga kuota Salatiga juga ikut berkurang. Hingga saat ini, jumlah calhaj yang siap berangkat sebanyak 217 orang,” terang Kasi Urusan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Salatiga Mustadzkiroh kepada wartawan.
Mustadzkiroh menuturkan, penurunan kuota calhaj ini terjadi lantaran Pemerintah Arab Saudi masih memberlakukan kebijakan pengurangan kuota calhaj Indonesia sebanyak 20 persen. Meski kuota tahun sebelumnya lebih besar, namun pada musim haji 2013 lalu Kemenag Kota Salatiga hanya memberangkatkan sebanyak 201 calon jamaah haji. “Namun salah seorang jamaah meninggal dunia saat menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci Makkah pada 19 oktober 2013 lalu,” terang dia.
Terpisah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga telah menyiapkan sebanyak enam orang dokter yang dikhususkan untuk melayani konsultasi kesehatan para calhaj Salatiga 2014. Para dokter juga telah melakukan langkah untuk mengantisipasi agar para calhaj Salatiga bisa terhindar dari virus Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) saat berada di Arab Saudi nanti.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga dr Sovie Harjanti mengatakan, pihaknya secara periodik juga telah berkoordinasi dengan Kemenag Kota Salatiga untuk mendatangi kelompok calhaj untuk mengontrol kesehatan mereka secara berkala dan melakukan sosialisasi mengenai cara mengantisipasi virus MERS.(sas/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.