Dua Buku, Dorong Polisi Profesional

308

GAJAHMUNGKUR — Di tengah kesibukannya menjadi Asisten SDM Kapolri, Irjen Mustafa Hari Kuncoro masih bisa menyempatkan waktu untuk menulis. Kemarin, Jenderal Bintang dua ini me-launching dua buku sekaligus di Akpol Semarang. Yakni buku berjudul ’Inspektur Unggul’ dan ’Motl, Panduan Menjadi Inspektur Unggul’.
Karya itu dimaksudkan agar para inspektur dalam lembaga Polri mampu mengemban tugasnya menjadi pemimpin bagi brigadir di lingkungan Polri. ”Ini sebagai salah satu upaya kami, agar para inspektur di lingkungan Polri bisa lebih profesional dan tegas dalam mengemban amanah. Untuk menciptakan sosok pemimpin yang tegas dan profesional,” katanya.
Jenderal bintang dua ini mengaku sudah cukup lama mendambakan karya di bidang kepolisian. Namun semua itu terkendala jadwal kesibukannya yang padat. Setelah melewati berbagai tahap, akhirnya dua karyanya bisa diterbitkan. ”Inspektur berkedudukan sebagai first-line supervisor yang berhadapan langsung dengan para pelaksana di masyarakat. Jadi harus benar-benar dipersiapkan, agar mampu dekat dengan masyarakat,” tambahnya.
Tugas seorang inspektur memang sangat berat. Mulai dari mengecek, mengawasi, menjelaskan, memberi petunjuk dan mengendalikan tugas para pelaksana atau brigadir. Sehingga, peranannya dinilai sangat vital di dalam lembaga Polri. (fth/ida/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.