Biarkan Atlet Hengkang, Susun Regenerasi

301

SEMARANG – Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Semarang tidak akan larut dalam situasi hengkangnya beberapa atlet potensial mereka ke daerah lain. Mereka akan mulai melakukan penataan regenerasi dan organisasi kembali untuk meningkatkan prestasi para pembalap sepeda Kota Semarang di berbagai ajang kejuaraan balap sepeda.
Seperti diketahui, saat ini dua pembalap potensial Semarang yaitu Hartono Gunawan dan Fathoni hampir pasti hengkang ke provinsi lain. Hartono akan hijrah ke DKI Jakarta dan Fathoni ke Yogyakarta. “Kalau mempengaruhi kekuatan Kota Semarang itu pasti. Tapi kami tak mau berdiam saja pada kondisi ini. Beberapa pembalap muda siap menggantikan posisi Fathoni dan Hartono di berbagai ajang. ISSI sudah melakukan regenerasi atlet,” kata Ketua Umum ISSI Kota Semarang Danur Rispriyanto.
Hanya saja, saat ini ISSI Semarang dihadapkan pada situasi dimana pembalap muda Semarang masih minim pengalaman. Karena itu, kata pria yang juga anggota DPRD Kota Semarang itu, salah satu program utama adalah mengirim atlet sepeda muda ke berbagai lomba.
Dalam waktu dekat, mereka akan mengikuti kejuaraan sepeda Alphen Trophy di Jabar. ISSI Semarang akan menjadikan lomba tersebut sebagai evaluasi awal pada pembalapnya. Nantinya, akan ada program untuk peningkatan prestasi. “Kami tidak hanya mempersiapkan satu atau dua lapis generasi pembalap. Jika perlu kami juga mempersiapkan lapis ketiga. Akhir dari semua itu adalah Porprov 2017 di Kota Tegal nanti. Semua perlu dipersiapkan sejak awal untuk mempertahankan gelar juara umum cabang balap sepeda,” bebernya.
Terpisah, Kabid Bina Prestasi ISSI Semarang Mustofa Zamrud menyatakan, kini tengah menggodok dan menata program latihan. Termasuk diantaranya pemaksimalan Velodrome Diponegoro sebagai salah satu sarana latihan. ISSI berencana akan menguatkan ikatan dengan pengelola velodrome dalam bentuk sebuah perjanjian. ‘’Terus terang, selama ini latihan pembalap hanya berharap insidental. Artinya, latihan jika lapangan tidak digunakan. Saya harap di raker nanti ada terobosan-terobosan pembinaan agar mengangkat prestasi,’’ tandas dia. (bas/smu)