Jalan Rusak Parah, Warga Ancam Blokir

345

KLATEN – Infrastruktur di daerah perbatasan masih belum menjadi perhatian serius dari Pemkab Klaten. Salah satunya jalan raya Pakis – Daleman. Jalur perbatasan Klaten dengan Sukoharjo ini kondisinya rusak parah.
Dari pantauan yang dilakukan, ruas jalan yang kondisi kerusakan cukup parah mulai terjadi setelah pertigaan Pakis, Delanggu hinggga Desa Sekaran, Kecamatan Wonosari. Panjang jalan yang rusak mencapai 3 kilometer. Kondisi ini seringkali membuat antrean panjang kendaraan yang menuju Klaten maupun Sukoharjo.
Banyaknya lubang yang terdapat di sepanjang jalan membuat pengguna jalan harus ekstra hati-hati, terutama pada malam hari dan hujan deras turun. Karena lubang tersebut saat hujan muncul kubangan besar dan kedalaman hingga 30 sentimeter.
“Sudah sering pengguna jalan yang celaka karena terpeleset atau kaget saat terjebak pada lubang jalan,” ujar Kades Sekaran Heri Tri Marjono, kemarin.
Tri Harjono mengatakan, kerusakan jalur perbatasan sudah terjadi sejak setahun terakhir. Pihaknya sudah menyampaikan persoalan tersebut dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) baik tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.
“Tapi kenyataanya hingga saat ini kondisi jalan masih dibiarkan rusak seperti itu. Kami berharap jalur yang menjadi akses menuju Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo ini segera diperbaiki. Jangan sampai ada korban lagi akibat jalan yang rusak,” ujarnya.
Dia menambahkan, berbagai aspirasi sudah mulai terdengar saat pertemuan dengan warga. Ada yang ingin memblokir jalan agar kendaraan berat tidak dapat melintas, namun rencana warga masih dapat diredam dengan memberikan penjelasan.
“Saya masih dapat mengendalikan warga, tapi kalau tidak segera mendapat perhatian maka tidak menutup kemungkinan warga akan bergerak. Tentu kami tidak dapat melarang lagi, karena kondisi jalan juga semakin rusak,” imbuhnya.
Wakl Ketua Fraksi PDIP DPRD Klaten Andy Purnomo mengatakan, setiap menggelar serap aspirasi ternyata usulan agar jalan raya Pakis – Daleman dapat segera diperbaiki. Karena banyak dampak yang ditimbulkan akibat jalan yang rusak.(oh/bun/jpnn/ric)