Kritik Sosial Melalui Wayang Onthel

365

Komunitas Sepeda Tua Old Biker VOC Magelang

Boleh jadi pertunjukan wayang kulit maupun wayang orang tidak begitu diminati masyarakat sekarang. Pagelaran-pagelaran juga hanya bisa ditemukan pada momen-momen khusus. Seperti acara kenegaraan, festival budaya, serta kegiatan ritual masyarakat Jawa. Tak heran, jika generasi muda saat ini tidak mengenal secara detil tokoh dalam seni pewayangan.
Kondisi itu membuat sejumlah seniman tergugah untuk terus mengeksplorasi supaya kesenian peninggalan nenek moyang tersebut tetap lestari. Salah satunya adalah Andritopo (30) warga Desa Ngaran Ngisor, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.
Andritopo, bersama Komunitas Sepeda Tua Old Biker VOC Magelang menciptakan wayang onthel. Wayang onthel merupakan sebuah wayang yang terbuat dari rakitan onderdil sepeda tua.
Penemuan bentuk wayang ini, menurut Andritopo, tidak bermaksud merusak pakem wayang. Dia hanya mencoba mendekatkan masyarakat terhadap kesenian wayang dengan metode sederhana. Bahkan, tokoh wayang onthel juga mudah diingat sekaligus karakter masing-masing. “Saat ini, banyak orang yang enggan menyaksikan pertunjukan wayang. Kami merasa prihatin atas kondisi itu,” kata Andritopo.
Pria kelahiran Magelang 28 Juni 1983 ini menceritakan, wayang onthel pertama kali lahir atas ‘kenakalan’ Agung Dragon, seorang anggota Old Bikers VOC Magelang dalam merakit onderdil bekas sepeda tua menjadi bentuk wayang pada 2006 silam. “Pada tahun 2006 itu merupakan masa transisi perubahan sepeda onthel yang awalnya adalah alat transportasi berubah menjadi benda antik. Nah, banyak onderdil sepeda yang menganggur karena banyak orang berburu onderdil orisinil. Lha yang nganggur itu, dibuatlah wayang,” paparnya.
Di tahun yang sama, wayang onthel berkesempatan pentas di Dinas Pendidikan Kota Magelang. Saat itu, bersamaan dengan pelaksanaan penyuluhan anti narkoba. “Waktu itu yang menjadi dalang masih Kelik Eko Rakyatni, kakak saya. Dan hanya ada tiga tokoh dalam wayang onthel dua cowok dan satu cewek,” kisahnya.
Seiring erjalanan waktu, wayang onthel semakin menunjukkaan eksistensinya. Dari ide kreatif merakit onderdil sepeda tua, cerita dalam wayang onthel juga berisi tentang gejolak kaum bawah. “Pada 2008 kakak mengajak saya untuk pertama kalinya duet untuk mendalang. Saat itu, wayang onthel pentas di Semarang. Nah, mulai itu pula saya menjadi dalang wayang onthel,” ungkap Andritopo.
Di tangan Andritopo, wayang onthel kian pedas mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang dinilai tidak berpihak terhadap masyarakat. Diantaranya, wayang onthel merespon pengubahan jalur lambat menjadi trotoar di Kota Magelang. “Ceritanya sesuai dengan kondisi sosial kemasayarakatan, sekaligus menjaga kearifan lokal,” ujarnya.
Tokoh yang diciptakan juga sudah berkembang sesuai cerita yang akan dibawakan. Sudah ada sekitar sembilan tokoh wayang onthel. Diantaranya Paijo, Gondes, Kuncung, Kiai Genjot, Darso, dan tiga anggota keluarga (Pak Jambul, Bu Jambul, dan Gembus), serta satu Gunungan. “Para tokoh ada yang terbuat dari salah satu onderdil sepeda tertua yakni Kiai Genjot. Yakni onderdil sepeda yang terbuat tahun 1904,” tuturnya.
Keunikan lain dari pertunjukan wayang onthel, selain sederhana dan mudah ditangkap isi ceritanya, musik pengiring juga hasil eksplorasi onderdil sepeda. Namun, ada beberapa yang masih menggunakan musik pakem. Seperti gendang dan saron. “Karena alat itu belum ditemukan suaranya dari onderdil sepeda,” imbuhnya.
Aning Purwa, sinden tunggal dalam wayang onthel menambahkan, syair lagu dalam pertunjukan juga diadaptasikan dengan cerita yang dibawakan. “Biasanya iramanya menggunakan lagu lawas, tapi syairnya dirubah dan disesuaikan cerita,” jelasnya.
Namun, dia juga mengaku sudah menciptakan sejumlah suluk atau dendang syair. Diantaranya Suluk Makaryo, Sambat, serta Syukur. “Kami akan terus berproses demi kesempurnaan kesenian ini,” tandasnya. (ris/jpnn/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.