DPT Pilpres Capai 754.266 Pemilih

301



BERGAS – Rapat Pleno KPU Kabupaten Semarang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Semarang untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 sebanyak 754.266 pemilih. Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilpres 9 Juni mendatang sebanyak 1.996 TPS.
Menurut Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan, hasil rapat pleno menepatkan DPT di Kabupaten Semarang sebanyak 754.266 pemilih yang terbagi menjadi 370.603 laki-laki dan 383.663 perempuan. Setelah ditetapkan, selanjutnya diserahkan kepada Panwaslu, partai politik, Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk diumumkan ke masyarakat.
“Diumumkannya di masyarakat untuk meminta tanggapan dan masukan dari  masyarakat. KPU akan melakukan pemeliharaan DPT sampai H-1 pencoblosan. Jika dalam masa pemeliharaan ditemukan ada pemilih tidak memenuhi syarat, misalnya meninggal dunia, maka pemilih bersangkutan tidak mendapatkan undangan mencoblos,” tutur Guntur usai rapat pleno terbuka penetapan DPT (daftar pemilih tetap) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Bergas, Kabupaten Semarang, Senin (9/6) siang.
Bila nanti ada pemilih yang belum masuk dalam DPT, kata dia, masih dapat diakomodasi dalam daftar pemilih khusus (DPK) yang diusulkan oleh PPS 14 hari sebelum pemungutan suara. Untuk DPK akan ditetapkan KPU Provinsi Jateng 7 hari sebelum pencoblosan. “Tetapi bila nanti masih ditemukan ada pemilih yang belum terakomodiasi dalam DPS, DPT maupun DPK, maka masih tetap bisa diakomodasi dalam DPK Tambahan (DPKTb). Jadi pemilih bisa datang langsung ke TPS dengan menunjukan kartu identitas,” jelasnya.
Sementara untuk warga pendatang dari luar daerah tetapi tinggal di Kabupaten Semarang juga dapat diakomodasi. Hanya saja, harus mengurus formulir A5 (surat pengantar dari TPS asal ke TPS yang dituju). “Sebenarnya banyak para pekerja pabrik, yang dari luar daerah. Tetapi, dalam Pileg kemarin sedikit pekerja yang melakukan itu,” katanya.(tyo/aro)