Harga Bahan Pangan Terus Naik

264

SEMARANG – Tiga minggu jelang Ramadan, sejumlah harga bahan pokok mulai merangkak naik. Harga tersebut diperkirakan terus merangkak hingga Lebaran mendatang.
Menurut para pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang, kenaikan harga ini sudah terjadi sejak dua minggu lalu. Kenaikan memang lazim terjadi saat mendekati bulan puasa.
Salah seorang pedagang di Pasar Johar, Marsiyono mengaku, saat ini harga daging ayam ras sudah mencapai antara Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogramnya. Sebelumnya, hanya berkisar di angka Rp 25 ribu per kilogram.
Selain ayam ras, harga bumbu dapur juga ikut naik. Di antaranya harga bawang merah, dari yang semula Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu, kini per kilogramnya bisa mencapai Rp 18 ribu. ”Kita bakul-bakul ini juga kaget, naiknya kok bisa cukup tinggi, antara Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu. Apalagi yang beli,” paparnya.
Sementara itu meskipun harga ayam mengalami kenaikan, untuk harga daging sapi saat ini masih cukup stabil. Di pasaran harga daging sapi masih di kisaran harga Rp 80 ribu hingga Rp 85 ribu per kilogramnya.
Salah seorang pedagang daging sapi, Sri Wahyuni mengaku, biasanya harga daging akan mulai naik, satu minggu menjelang puasa. ”Saat ini harganya masih relatif seperti kemarin. Untuk kualitas biasa Rp 80 ribu, sedangkan kualitas yang baik Rp 90 ribu,” katanya.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng Petrus Edison Ambarura tidak memungkiri adanya kenaikan harga meskipun belum memasuki masa puasa. Menurutnya kenaikan tersebut tidak saja karena faktor spekulasi namun juga tidak seimbangnya antara pasokan dan permintaan, jika kenaikan tersebut terus terjadi maka inflasi di bulan depan akan lebih tinggi dibandingkan saat ini. ”Langkah antisipasi tentu dilakukan. Tujuannya agar jangan sampai terjadi gejolak harga. Salah satu upayanya yaitu pemerintah harus memperlancar distribusi. Namun demikian bila sampai ada lonjakan harga, kita akan lakukan operasi pasar,” ujarnya. (dna/smu/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.