Produk Impor Harus Ber-SNI

325

SEMARANG – Produk-produk impor yang akan masuk Indonesia harus mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain menjaga keterjaminan kualitas, aturan ini juga untuk memproteksi produk-produk lokal dari serbuan produk asing.
Plt Direktur Utama Sucofindo Sufrin Hannan mengatakan Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi produsen luar negeri. Karena itu daya saing dari produk-produk lokal perlu terus ditingkatkan. ”Indonesia bisa dibilang market paling besar. Agar produk kita tidak tertinggal, tentunya kualitas mutlak ditingkatkan, setidaknya harus mampu bersaing dengan memenuhi standar yang berlaku,” ujarnya, kemarin.
Terkait dengan adanya pasar bebas ASEAN pada 2015 mendatang, ke depan tak hanya produk-produk lokal saja yang harus ber-SNI, produk impor pun harus memenuhi standar tersebut. Sehingga keamanan bagi konsumen dalam negeri tetap terjamin. ”Contoh saja, selama ini mainan anak hampir 80 persen impor dari China. Mereka dengan mudahnya kirim barang dengan kondisi apa pun, dan masyarakat menerima dengan berbagai level. Ke depan, barang yang mereka impor, harus memenuhi standar kita,” paparnya.
Penyaringan semacam ini, lanjutnya, juga bermanfaat untuk melindungi produk-produk lokal dari gempuran produk asing. Dengan standar-standar yang berlaku, produk lokal memiliki kesempatan untuk meningkatkan kualitas dan bersaing. Bila tidak ada filter semacam ini, semua produk asing dengan kualitas dan harga berapa pun bisa masuk.
Corporate Communication Sucofindo Hotma Sibuea menambahkan, tak hanya membatasi produk asing dengan standar dalam negeri. Pihaknya juga memfasilitasi produk-produk lokal untuk dapat menembus pasar asing. ”Kita juga pasti mau menembus pasar luar negeri. Karena itu kami sudah antisipasi di beberapa titik negara lain, seperti Malaysia, Singapura, China, Thailand dan lain-lain. Tujuannya mempelajari standar yang diberlakukan di negara mereka. Jadi kalau produk lokal mau menembus, kita punya kesiapan,” tandasnya. (dna/smu/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.