Jadi ’Kandang’ Panser dan Snex

281

STADION Bhumi Phala Temanggung, diprediksi akan menjadi ’kandang’ bagi suporter PSIS: Panser Biru dan Snex. Sebab, suporter Persitema, yakni Tasmania, hingga saat ini, tidak pernah muncul di stadion setelah pertandingan perdana pada musim ini. Bermain dengan suporter yang didominasi pendukung tim lawan, akan memberi pengaruh mental bagi Adik Sumarno dkk.
Dari lima pertandingan kandang yang telah dilakoni Persitema, suporter tampak memadati lapangan, hanya pada pertandingan perdana versus Persip Pekalongan beberapa waktu lalu, yang berakhir dengan kekalahan. Sejak pertandingan perdana tersebut, Tasmania hanya hadir beberapa orang saja. Mereka hanya mengisi tribun kecil, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.
Prediksi ini berkaca dari pertandingan Persitema versus Persis Solo, pada akhir putaran pertama musim ini. Ketika itu, seluruh sisi lapangan, justru didominasi oleh Pasoepati— suporter Persis— ketimbang Tasmania. Meski bermain di kandang sendiri, tribun penonton selalu dijejali suporter tim lawan.
”Mental harus diasah dengan baik. Soal kandang atau tandang, itu tidak terlalu berpengaruh, meski sebenarnya penting. Yang lebih penting adalah mental,” kata coach Yopi Riwoe.
Menghadapi tim besar sekelas PSIS, di atas kertas, Persitema jauh tertinggal. Persitema saat ini berformasi baru, dengan kekuatan yang baru, serta pelatih anyar. ”Suporter sangat penting untuk mendukung mental.”
Ketua Panitia Pelaksana Divisi Utama PT Liga Indonesia, PSSI Temanggung, Ripto Susilo mengatakan, sejauh ini PSIS telah memesan sekitar 2.000 lembar tiket untuk pertandingan. Jumlah tersebut cukup besar dibanding tingkat pembelian tiket yang dilakukan fans Persitema, dalam beberapa laga terakhir. (zah/isk/ce1)