Ratusan Aset Pemkab Semarang Dilelang

372

UNGARAN – Sejumlah aset yang menjadi objek lelang dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mulai ditarik oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Semarang. Aset milik Pemkab Semarang tersebut kemudian dikumpulkan untuk dilelang pada pertengahan Juli 2014 mendatang.
Menurut Kabid Pengelolaan Aset Daerah DPPKAD, Petrus Triono, aset-aset tersebut ditarik dari masing-masing SKPD kemudian dikumpulkan di Gedung Pemuda Ambarawa. Sejumlah aset itu antara lain berupa ratusan sepeda motor, mobil, dan alat perkantoran, serta perlengkapan elektronik dan mebeler. Selanjutnya tim apprasial untuk menafsir harga objek aset tersebut sebelum dilelang.

”Jadi aset-aset yang sudah tidak terpakai itu akan dilelang secara umum. Sebelum dilelang ada penilaian dulu dari tim appraisal. Setelah diketahui berapa nilainya, akan kita daftarkan ke Kantor Lelang Nasional di Semarang,” tutur Petrus, Selasa (10/6) kemarin.

Pelelangan aset yang sudah rusak tersebut sebagai upaya untuk mengurangi anggaran pemeliharaan. Sebab, aset yang sudah mulai rusak itu jika tidak dilelang malah akan memberatkan anggaran pemeliharaan. “Pelelangan tersebut juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Petrus mengatakan, masyarakat yang berminat mengikuti lelang dapat melihat langsung pengumuman di Sekretariat DPPKAD Kabupaten Semarang. (tyo/aro)