Rebut Puncak Klasemen!

273

SEMARANG – Target tiga poin penuh diusung oleh anak-anak PSIS di laga lanjutan kompetisi Divisi Utama 2014 saat melakoni laga tandang versus Persitema Temanggung di Stadion Bhumi Phala Temanggung Rabu (11/6) sore ini. Tiga poin penuh bagi tim berjuluk Mahesa Jenar ini sangat berarti untuk kembali merebut puncak klasemen sementara Grup 4, di mana saat ini masih dihuni oleh Persis Solo dengan raihan 22 poin. PSIS sendiri berada di peringkat kedua dengan raihan 20 poin.

Namun, arsitek PSIS, Eko Riyadi menyadari bukan perkara mudah mencuri tiga poin atas Persitema sore nanti. Selain bakal tampil di bawah dukungan publik mereka, tim Laskar Bambu Runcing di putaran kedua ini juga melakukan perombakan tim besar-besaran.

Hampir separo dari starting eleven Persitema di putaran pertama lalu dirombak. Selain itu, peran arsitek Sri Widadi di jeda kompetisi kemarin juga digantikan oleh pelatih anyar Yopi Riwoe. Sehingga, menurut Eko, kemenangan PSIS 4-0 atas Persitema di putaran pertama kemarin, menurutnya, tidak bisa menjadi patokan untuk menghadapi laga sore nanti.

”Kita sudah melihat penampilan Persitema dengan skuad baru saat ini. Yang jelas, mereka tampil lebih agresif dengan pemain-pemain baru yang memiliki kualitas di atas kekuatan mereka pada putaran pertama
kemarin,” beber Eko.

Selain itu, Eko mengatakan Persitema saat ini sedang dalam tren positif di kandang setelah di laga terakhir Minggu (8/6) kemarin, Sumaryanto dkk berhasil membukukan kemenangan perdana atas Persiku Kudus dengan skor 2-0. Sementara PSIS sendiri saat ini memang sedang dalam tren menurun usai meraih dua hasil imbang 1-1 versus Persis Solo dan Persiku Kudus.

”Di satu sisi kita memang lebih unggul dalam hal recovery, karena Persitema kemarin baru saja bermain lawan Persiku. Tapi, tetap anak-anak wajib fight tanpa sedikit pun meremehkan kekuatan lawan
termasuk Persitema,” sambung Eko.

Mengenai kekuatan PSIS sendiri, sore ini, tim Mahesa Jenar hampir pasti kembali tidak bisa tampil full team mengingat bek sayap, Welly Siagian, hingga Senin (9/6) lalu, belum pulih dari cedera kepala yang dideritanya ketika menghadapi Persiku lalu.

”Welly tetap kita bawa dan kita lihat kondisi terakhirnya hingga menjelang pertandingan besok (hari ini, Red). Dan kalaupun dia memang belum bisa tampil, kita sudah menyiapkan Safrudin Thar di posisi bek kanan untuk menggantikanWelly,” bebernya.

Namun di sektor gelandang, Eko dipastikan bisa memainkan sembilan gelandang terbaiknya termasuk gelandang asal Uruguay, Ronald Fagundez yang sudah terbebas dari hukuman akumulasi kartu.

Di sektor tersebut, kemungkinan besar Eko masih tetap akan menggunakan lima pemain gelandang untuk menopang ketajaman bomber Julio Alcorse yang biasa turun sendirian di pos penggempur PSIS.

”Semua gelandang kita siap main. Ada Ronald Fagundez, Franky Mahendra, M. Yunus, Andi Rohmat, Edianto dan Eli Nasoka. Tinggal siapa nanti yang siap main dan menyesuaikan dengan strategi yang akan kita pakai,” tegas Eko.

Sementara di kubu tuan rumah sendiri, pelatih Yopi Riwoe berharap kemenangan 2-0 atas Persiku di laga sebelumnya bisa menjadi suntikan motivasi anak-anak asuhnya ketika menghadapi PSIS. Apalagi, saat ini Persitema hanya menyisakan dua laga kandang yang tentunya raihan poin penuh akan sangat berarti bagi tim Kota Tembakau ini untuk bisa beranjak dari dasar klasemen sementara Grup 4. ”Tren positif saat ini membuat anak-anak semakin bersemangat untuk lepas dari zona degradasi. Meskipun kita tahu PSIS tim yang bagus dengan materi pemain yang bagus, tapi kita tetap menginginkan kemenangan atas PSIS besok (hari ini, Red),” beber Yopi Riwoe. (bas/aro/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.