TMMD Selesaikan Pembangunan Jalan Desa

346

WONOSOBO – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun 2014 yang menyasar Desa Wonosroyo, Kecamatan Watumalang, telah berakhir.
Program kegiatan selama 21 hari itu, mampu menyelesaikan program pembangunan fisik berupa pembangunan jalan desa, sepanjang 532 meter dengan lebar 3 meter.  
Kepala Seksi Perencanaan PPEP Bapermasdes Aldiana Kusumawati, mengatakan, TMMD Sengkuyung tahap I di Wonosroyo, fokus kegiatannya, menyasar sektor fisik dan nonfisik. Sektor fisik, membangun jalan desa sepanjang 532 meter dan lebar 3 meter. Juga membangun jembatan sepanjang 12 meter dan lebar 2 meter. TNI bersama warga juga memperbaiki 1 musala dan 2 pos keamanan lingkungan (poskamling).
”Selain itu, 6 Rumah Tak Layak Huni (RTLH) juga direhab menggunakan dana APBD Kabupaten Wonosobo, serta penanaman 1.000 pohon,” katanya.
Selain kegiatan fisik, kata Aldiana, juga dilakukan program nonfisik. TMMD memfokuskan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat, terkait bela negara, anatomi teroris, lingkungan hidup, wajib belajar, dan PBA. Masalah lainnya, pertanahan.
”Dengan kegiatan ini, baik fisik maupun nonfisik, kami berharap tujuan TMMD, yaitu untuk percepatan pembangunan desa tertinggal, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, hingga pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan daerah dapat segera terwujud,” katanya.
Bupati Wonosobo Kholiq Arif saat menutup TMMD mengatakan, pelaksanaan TMMD tahap 1 telah berhasil mencapai target sasaran sesuai yang direncanakan. 
”Hal itu tak lepas dari dukungan serta kerja keras berbagai pihak, baik TNI/Polri, pemerintah dan masyarakat yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, materi serta doa sejak tahap perencanaan, pra TMMD maupun pada saat pelaksanaan TMMD.” (ali/isk/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.