TUK Gelar Festival Mata Air 6

384

SALATIGA- Untuk ketujuh kalinya, Komunitas Tanam Untuk Kehidupan (TUK) menyelenggarakan Festival Mata Air 6, 13-15 Juni di Lapangan Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Kegiatan kampanye lingkungan dengan memakai media seni, budaya, dan kegiatan luar ruang.
Kegiatan akan menampilkan panggung hiburan, panggung budaya, diskusi lingkungan, workshop, pemeliharaan tanaman, dan pameran instalasi yang bersebelahan dengan area perkemahan di hutan pinus.
Menurut panitia kegiatan Jatmiko, Festival Mata Air 6 kali ini mengambil tema Garuda di Mata Air Indonesia. TUK memilihnya karena dengan sadar memilih penyelenggaraan kegiatan regulernya di tengah situasi tahun politik di Indonesia.
“Sedikit pilihan kita terhadap para calon pemimpin bangsa ini yang mau peduli dan nglakoni atau mau turun tangan bersama rakyat dalam mengatasi berbagai masalah lingkungan. Kami tetap menyuarakan dan tetap mengerjakan konservasi mata air yang telah kami jalani selama 8 tahun terakhir ini,” terang Jatmiko.
Kegiatan ini juga didasarkan kenyataan debit mata air Senjoyo pada 1999, debit mata air Senjoyo sebesar 1.150 liter per detik, kemudian pada 2009, menurun sebesar 900 liter per detik. Pada 2014, terjadi kenaikan debit mata air Senjoyo menjadi 1.617 liter per detik. Festival Mata Air 6 kali diramaikan berbagai elemen dan kesenian rakyat.(sas/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.