Berharap Semakin Solid

314

SANG Pamomong merupakan Paguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Batang. Secara struktural berada di bawah naungan Bupati Batang langsung. Karena itulah, organisasi ini bersifat netral dan mandiri, tanpa memihak partai manapun, termasuk dalam pemilihan presiden (Pilpres) mendatang.
“Organisasi ini akan selalu kritis terhadap pemerintah, mengawasi pembangunan serta sosial kemasyarakatan,” kata Ketua Umum Sang Pamomong, Maryoso SPd, Rabu (11/6) kemarin.
Menurutnya, Sang Pamomong berdiri sejak 5 tahun lalu, tepatnya pada 2009. Organisasi ini dibentuk dalam rangka memperjuangkan nasib kepala desa agar sejahtera bersama dengan perangkat desanya dan selalu menjaga silaturahmi, karena merasa senasib dan sepenanggungan.
Makanya, apabila ada kades dalam menjalankan tugasnya tersandung masalah, Sang Pamomong akan memberikan dukungan moral, kepada kades tersebut. Namun, untuk memberikan bantuan hukum, sementara belum memungkinkan.
“Kami berharap, organisasi ini ke depan lebih berkembang, tetap solid pada sesama anggota dan semakin intens membangun komunikasi kepada tokoh-tokoh masyarakat, penegak hukum, serta elemen pemerintahan yang lain. Sehingga, ke depan bisa terwujud sinergisitas untuk membangun bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Batang. Agar ke depan lebih maju,” kata Maryoso.
Maryoso juga menegaskan bahwa di era keterbukaan seperti ini, peran media atau pers sangat penting sebagai kontrol sosial. Untuk itu, kami selalu menerima dan terbuka tentang informasi apapun baik, pada media cetak maupun elektronik.
“Kami menyadari bahwa peran media sangatlah penting. Sebesar apapun organisasi kami, tanpa publikasi dari media, tidak akan ada artinya,” katanya menyambut positif kehadiran Radar Semarang Biro Pekalongan. (thd/ida)