Kodrat Perkuat Database

275


SEMARANG – Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jateng terus memperkuat data base petarung yang akan dipersiapkan untuk pra-PON. Induk olahraga bela diri tarung derajat itu telah mengantongi nama-nama yang akan diproyeksikan untuk babak kualifikasi yang akan digelar tahun depan.
”Sementara ini nama yang masuk adalah hasil dari kejuaraan provinsi di Temanggung awal bulan lalu dan Porprov Jateng 2013 lalu. Lapis pertama diisi peraih emas. Lalu, lapis kedua dari runner up dan dan lapis ketiga bagi yang meraih perunggu. Kami memang membuat data hingga lapis ketiga untuk mempermudah pemantauan,” ujar Pelatih Tarung Derajat Jateng Madi Sudrajat.
Nama-nama yang masuk belum mendapat jaminan masuk dalam tim pra-PON Jateng. Pihaknya memberlakukan sistem promosi dan degradasi bagi petarung. Artinya, meskipun telah masuk pada lapis pertama bisa terdegradasi ke lapis kedua atau sebaliknya. Begitu juga pada lapis ketiga jika perkembangannya meningkat bisa naik ke level atas.
Bahkan tak menutup kemungkinan bagi atlet di luar data base tersebut bisa masuk jika memang layak dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. ”Intinya kami hanya ingin petarung yang terbaik bagi Jateng untuk Pra-Pon. Mempertahankan gelar juara umum lebih berat,” tandasnya.
Apalagi, tambah dia, PON 2016 berlangsung di Jabar yang merupakan daerah asal bela diri asli Indonesia. Ia memperkirakan, Jabar juga melakukan persiapan yang matang untuk merebut juara umum. Karena itu, Kodrat Jateng berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan atlet sebaiknya. ”Sekarang ini harus fokus untuk babak kualifikasi. Pra-PON juga tak kalah penting, sebab untuk mempermudah mempertahakan juara umum sebaiknya meloloskan sebanyak mungkin atlet,” pungkasnya. (bas/ric)