Memeras, 6 Wartawan Gadungan jadi Tersangka

345

WONOSOBO – Enam pria pemeras yang menyaru sebagai wartawan, kemarin, resmi ditetapkan menjadi tersangka. Menariknya, satu di antara 6 tersangka, merupakan caleg tidak terpilih pada 9 April lalu.
”Keenam orang ini sudah resmi kami tetapkan sebagai tersangka, karena tindakannya memenuhi unsur pelanggaran dengan ancaman pemerasan atau penipuan,” kata Kapolres Wonosobo AKP Agus Pujianto didampingi Waka Polres Kompol Pranandya Subiyakto dan Kasat Reskrim AKP Sunarto.
Kapolres AKBP Agus Pujianto menegaskan, keenam orang itu adalah Tapsiran, 44, asal Dangdeur, RT 05 RW 02, Kelurahan Babakan Mulya, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat; dan Kuswara, 52, asal Lingk Ciketug, RT 01 RW 01, Ciporan, Kuningan, Jawa Barat. Lainnya; Anggi Anggara Putra, 26, warga Dusun Wage, RT 015 RW 06, Kelurahan Karangmangu, Kramatmulya, Kuningan, Jawa Barat.
Kemudian, Mulus Mulyadi, 40, warga Lingkungan Manis, RT 04 RW 01, Kelurahan Purwawinangun, Kuningan; Dede Supriyatna, 28, warga Cadas Ngampar, RT 05 RW 08, Argasunya, Harjamukti Ceribon, serta Didi Supriadi, 43, warga Padamenak, RT 01 RW 01, Padamulya, Jalaksana, Kuningan.
”Dari enam orang ini, setelah kami periksa, ada salah satunya mantan caleg gagal pada Pemilu 9 April lalu,” katanya.
Kepala Satuan Reskrim Polres Wonosobo AKP Sunarto menjelaskan, tersangka yang mantan caleg gagal adalah Mulus Mulyadi. Ia mengaku dari media Bhayangkara Utama. Namun, setelah dikonfirmasi dengan media tersebut di wilayah Jawa Tengah, tidak pernah ada penugasan untuk melakukan peliputan di Wonosobo.
”Wartawan bekerja di bawah kantor redaksinya, kami lakukan konfirmasi ke media yang bersangkutan, namun tidak ada penugasan meliput di Wonosobo.”
Dijelaskan, keenam tersangka, semuanya dari wilayah Kuningan dan Cirebon. Hasil pemeriksaan, mereka datang di Wonosobo pada Selasa (10/6), menyewa mobil rental untuk melakukan studi jurnalistik ke PT Geo Dipa Energi Dieng. ”Alasannya sampai Dieng kesorean, sehingga tidak sampai ke kantor PT Geo Dipa Energi, mereka mengaku investigasi di seputar Dieng,” imbuhnya. (ali/lis/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.