Ronaldo dan Messi Paling Laris

302

WONOSOBO – Gelaran Piala Dunia 2014, memberi berkah tersendiri bagi pelaku industri suvenir. Salah satunya, CV Artistic Resin Figure (ARFI) Wonosobo. Sejak dua hari terakhir, jumlah pesanan miniatur pemain bola terus meningkat. Dua miniatur pemain yang laku keras adalah Christiano Ronaldo yang berlaga untuk Portugal dan Lionel Messi, pemain Argentina.
Menurut Pinkan Ratna, 21, karyawan CV ARFI, jumlah pesanan untuk miniatur pemain bola Piala Dunia, mulai marak sejak dua bulan terakhir. Jumlah pemesanan rata-rata per bulan mencapai 200 buah miniatur pemain bola.
”Dari 200 buah tersebut, pemain yang banyak dipesan Ronaldo dan Messi,” katanya.
Pinkan mengatakan, untuk pemasaran terbanyak, adalah Surabaya, Semarang, Jogjakarta, dan Jakarta. Selain Ronaldo dan Messi, pemain lain yang banyak dipesan dari tim Brazil, Neymar dan David Luiz.
”Ronaldo dan Messi memang banyak dikagumi, karena saat kita memproduksi pemain klub, juga sama dua pemain ini banyak dipesan,” ujarnya.
Iwan Priyanto, pemilik CV Artistic Resin Figure (ARFI) menambahkan, miniatur pemain bola yang diproduksi berbahan fiber. Pada hari biasa, memproduksi pemain-pemain bola serta tokoh superhero. Namun, sejak dua bulan terakhir, jumlah permintaan untuk pemain bola yang berlaga dalam perhelatan Piala Dunia, terus meningkat. Pemesan dari dalam negeri dan luar negeri.
”Kami punya agen-agen pemasaran yang biasa pesan ke kami. Untuk distribusi luar negeri, para agen di Batam dan Malaysia,” ungkapnya.
Dengan kenaikan pesanan miniatur pemain bola, Iwan mengaku untuk sementara mengurangi produksi miniatur tokoh film superhero. Seperti Batman, Hulk, Captain Amerika, serta sejumlah tokoh film kartun yang saban hari diproduksi.
”Sejak dua bulan terakhir, kami konsentrasi untuk pembuatan pemain bola dunia, karena pesanan tiap hari terus bertambah,” jelasnya.
Pemesanan miniatur bola, diperkirakan akan terus mengalami peningkatan, sejurus pelaksanaan jadwal pertandingan.
Seperti musim bola di beberapa liga sebelumnya, dia memperkirakan, setelah perhelatan final, jumlah pesanan akan terus meningkat. Utamanya, untuk miniatur pemain dari negara yang menjadi pemenang Piala Dunia.
”Setelah final, jumlah pemesanan biasanya akan bertambah banyak, karena biasanya para pencinta bola berkeinginan mengoleksi  para pemain bintang dalam sepanjang pertandingan piala dunia,” pungkasnya. (ali/lis/ce1)