Uji Jaringan Telkomsel Sukses

301

SEMARANG – Kenaikan lonjakan trafik komunikasi seluler selama Ramadan dan Lebaran Idul Fitri, dipastikan Telkomsel akan meningkat signifikan. Karena itulah, Telkomsel melakukan Network Drive Test 2014 atau uji coba jaringan di sepanjang jalur kereta api pantai utara Jawa untuk memastikan kesiapan jaringannya.
”Kegiatan uji jaringan selalu kami lakukan setiap tahun menjelang Ramadan dan Lebaran. Ini wujud komitmen kami dalam memberikan layanan yang berorientasi pada quality of service,” kata Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief saat bersama jurnalis dan bloggers saat Network Drive Test 2014 sebagai rangkaian Telkolmsel Siaga 2014 ’Penuh Warna, Penuh Makna’.
Dijelaskan, ada tren kenaikan penggunaan data sebesar 147 persen pada semester pertama tahun 2014 dibandingkan tahun lalu. Karena itulah, selain memastikan kenyamanan pelanggan menggunakan basic services seperti voice dan SMS, juga memperhatikan kenyamanan dalam mengakses data dan menikmati berbagai layanan digital Telkomsel.
Selama Ramadan dan Lebaran tahun ini, katanya, Telkomsel memperkirakan lonjakan trafik di beberapa daerah tujuan mudik dengan rata-rata 0–5 persen untuk layanan suara. Dan 10-15 persen pada layanan SMS. Sedangkan layanan data melonjak naik antara 25-35 persen dibandingkan hari biasa. ”Layaknya di tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut akan diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan,” katanya.
Di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa, imbuhnya, telah disediakan kelonggaran sebesar 20- 40 persen. Seperti di Jawa Barat dengan kelonggaran kapasitas 45 persen, Jawa Tengah dan Jawa Timur sebesar 55 persen. ”Sejumlah lokasi tujuan pelanggan akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi. Di tempat-tempat tersebut, kami akan memaksimalkan kapasitas dan menyiagakan tambahan COMBAT (COmpact Mobile BAse sTation) sebanyak 41 unit untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data,” ungkap Abdus Somad.
Selain menambah kapasitas jaringan selama periode Ramadan dan Lebaran, sepanjang tahun ini Telkomsel terus melakukan pembangunan BTS (Base Transceiver Station) di berbagai daerah di Indonesia. (ida/smu/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.