Gowes Latih Siswa Berwirausaha

351

MAGELANG – Rayakan hari ulang tahun (HUT) ke-64, SMA Negeri 1 Magelang (Smansa) menggelar acara sepeda santai, Minggu (15/6) kemarin. Bukan hanya sepeda santai biasa, namun ada hadiah yang sengaja disiapkan untuk memeriahkan acara yang bertema Gowes Asyik Bareng Smansa (Gabres).
Bertempat di Alun-alun Kota Magelang, sekitar 2.500 orang mengikuti acara tersebut. Di antaranya, keluarga Smansa, alumni Smansa, dan masyarakat sekitar.
Pada kesempatan itu, hadir pula Wali Kota Sigit Widyonindito, beserta Forum Pimpian Daerah (Forpimda) dan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sekaligus melepas gowes pukul 07.00.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Magelang, Djarwadi mengatakan, gowes merupakan bagian dari upaya pendidikan kewirausahaan. Melatih anak untuk kreatif dan belajar menjalin kerja sama yang baik dalam bentuk event organizer (EO).
”Saat ini, siswa dituntut belajar entrepreneurship secara mandiri. Pihak sekolah mendukung dan mendampingi aktivitas positif siswa, sedangkan siswa sebagai pelaksananya. Harapannya, memberikan pengalaman yang menarik dan bermakna bagi siswa. Tidak hanya berkutat pada akademis saja, namun bidang lainnya juga disentuh seperti berwirausaha,” paparnya.
Djarwadi mengatakan, EO menjadi satu ajang di mana siswa bisa mengendalikan roda-roda di dalamnya. Berlatih bekerja sama dan saling mengisi kekurangan yang lain. ”EO merupakan salah satu elemen industri kreatif di Indonesia tengah berkembang baik. Di dalamnya dituntut kerja sama yang baik supaya event yang direncanakan berjalan dengan baik pula,” imbuhnya. (mg4/lis/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.