Sadarkan Masyarakat lewat Kampanye Jantung Sehat

405

SEMARANG – Kesehatan Jantung banyak menjadi sorotan publik, karena serangan jantung menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Berbagai pihak berupaya untuk mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan jantung kepada masyarakat, untuk meminimalkan terjadinya serangan jantung.
Seperti yang dilakukan mahasiswa jurusan Public Relations FISIP Undip, Jumat (13/6) lalu mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan jantung, dengan menggandeng perusahaan asuransi Zurich. Acara yang mengusung titel ‘Fun Heart Walk’ ini diselenggarakan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Selain sosialisasi, juga dilaksanakan senam jantung dan jalan sehat dengan mengajak staf Dinbudpar Jateng.
Dalam sosialisasi, diundang dr. Pipin Ardhianto, Sp.JP sebagai pembicara. Dokter muda spesialis jantung ini memaparkan mengenai penyakit jantung koroner dan cara pencegahannya dengan pola hidup sehat. “Lima faktor risiko utama penyebab penyakit jantung koroner antara lain hipertensi, dyslipidemia, merokok, diabetes mellitus, dan riwayat keluarga,” ujar dokter yang juga bekerja sebagai staf bagian Ilmu Penyakit Jantung FK UNDIP.
Di penghujung acara juga diadakan pengecekan tensi darah dengan bekerjasama bersama KSR Undip. Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan lebih banyak orang peduli terhadap kesehatan jantung dan merubah pola hidup dengan gaya hidup sehat.
Menurut Fahmi Majid, panitia penyelenggara kampanye, kegiatan tersebut dimaksudkan agar masyarakat khususnya sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Karena faktanya masih banyak masyarakat yang terjangkit penyakit jantung. (smu)