266 Kades Bakal Kehilangan Bengkok

821

KENDAL—Sebanyak 266 kepala desa/kelurahan yang ada di Kendal, dipastikan tidak akan menikmati fasilitias tanah begkok desa. Mereka hanya akan mendapatkan gaji dan tunjangan.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Bapermaspemdes) Kendal, Subaidi mengatakan bahwa per tahun 2015 nanti, tanah bengkok yang selama ini dinikmati para kepala desa akan dimasukkan menjadi kas pemasukan desa.
“Jika selama ini tanah bengkok lurah dilelang dan hasilnya masuk ke kantong pribadi lurah, mulai tahun depan akan menjadi kas desa. Tapi keuntungan dari tanah bengkok bisa dikelola oleh perangkat desa dan digunakan sebagian untuk tunjangan kepala desa dan perangkat desa,” ujarnya, Senin (16/6) kemarin.
Menurutnya, para kepala desa akan menerima gaji yang bersumber dari Dana Alokasi Desa (DAD) yang bersumber dari APBD maupun APBN. Dipastikan, gaji para kepala desa akan berbeda, karena bergantung dari DAD yang didapatkan desa.
“Besar gajinya berapa sampai saat ini belum ditentukan. Masih menunggu pengesahan Surat Keputusan ataupun Peraturan Bupati. Tapi besarnya gaji kepala desa dan perangkat desa, kisarannya 40-60  persen dari DAD yang masuk,” tandasnya.
Berbeda dengan kades dan perangkat desa yang mendapatkan gaji dan tunjangan, bagi ketua RT dan RW hanya mendapat uang insentif. Besarnya hanya Rp 100 ribu pertahun. Sementara di Kendal sendiri ada 6361 RT dan RW.(bud/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.