Beli Velg Daring, Rp 4,3 Juta Raib

314

BARUSARI – Meski sudah memakan banyak korban, masih saja masyarakat kena tipu. Kali ini nasib apes dialami Ryan Kurniawan, 26, warga asal Trucuk, Klaten. Ia tertipu Rp 4,3 juta ketika hendak membeli velg mobil lewat media daring (online). Merasa dirugikan, ia akhirnya melaporkan kasus itu ke Polrestabes Semarang. Terlapor adalah seorang lelaki bernama Rehan.
Penipuan bermula ketika Ryan membuka iklan di sebuah laman toko daring dan mencari velg mobil Honda Jazz. Setelah lama mencari, akhirnya ia menemukan barang yang diincarnya. Dengan bergegas, ia menghubungi nomor pengiklan dan diterima seorang lelaki mengaku bernama Rehan.
Ryan terlibat perbincangan lama, untuk mencari kesepakatan harga. Setelah lama bernegosiasi, akhirnya harga velg pun mencapai kesepakatan. ”Kebetulan memang mau cari velg Jazz,” akunya saat melapor.
Merasa cocok, ia akhirnya menuruti kemauan terlapor untuk mentransfer sejumlah uang. Ia mengirim dua kali melalui SMS e-banking pada Minggu dan Senin (8-9/6). ”Saya kirim total semua Rp 4,3 juta selama dua kali. Janjinya begitu transfer barang akan dikirim,” imbuhnya.
Usai mentranfer, Ryan menunggu kedatangan paket velg yang sudah dibeli. Sayang, berhari-hari ternyata tidak kunjung datang. Karuan saja, ia mulai curiga. Bergegas, ia langsung menghubungi nomor pengiklan. ”Tapi nomor sudah tidak aktif. Padahal uang sudah terkirim,” tambahnya.
Ryan berusaha bersabar, tapi ternyata tidak kunjung ada kejelasan. Ia baru sadar jika sudah menjadi korban penipuan. Ryan akhirnya melaporkan kasus yang dialaminya ke Polrestabes Semarang. (fth/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.