Ketua RT/RW Terima Insentif

1764

SALATIGA – Sebanyak 311 pengurus RT/RW di Kecamatan Argomulyo mendapatkan bantuan administrasi dan insentif masing – masing sebesar Rp 1.250.000 dari Pemkot Salatiga kemarin. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai masing – masing sebesar Rp 300 ribu untuk bantuan administrasi RT/RW, bantuan adminstrasi bagi kelompok PKK Rp 300 ribu dan insentif bagi ketua RT/RW sebesar Rp 650 ribu dengan dipotong pajak 5 persen.
“Uang tersebut nantinya akan dibawa ke forum musyawarah warga. Dengan demikian akan kita tentukan peruntukannya untuk apa uang tersebut. Ini yang selalu dilakukan oleh warga kami saat mendapatkan bantuan serupa di tahun – tahun lalu,” terang M. Amin, Ketua RT 02 RW 07 Ledok kepada wartawan.
Pembagian akan dilakukan bergiliran dengan total jumlah RT dan RW di Salatiga sebanyak 1.263 orang. Setelah Kecamatan Argomulyo, selanjutnya Kecamatan Sidomukti, Kecamatan Tingkir dan terakhir Kecamatan Sidorejo. Tujuan adanya bantuan tersebut untuk mendukung kelancaran pelayanan kepada masyarakat di tingkat RT, RW dan kelompok PKK, serta sebagai wujud penghargaan atas tanggung jawab yang diemban oleh Ketua RT/RW.
“Jangan dilihat besarnya bantuan yang diberikan oleh pemkot kepada bapak dan ibu semua, ini adalah wujud tanda cinta kami kepada para Ketua RT/RW. Jabatan Ketua RT/RW sebenarnya merupakan jabatan sosial yang disandang, sebagai bentuk kepercayaan warga kepada seseorang untuk memimpin wilayahnya,” terang wali kota Yuliyanto.
Menurutnya, bantuan itu wajar mengingat tidak ada gaji atau remunerasi khusus yang diberikan kepada Ketua RT/RW, meski dalan tugas sering menemui tantangan yang berat. (sas/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.