17 Mahasiswa Asing Belajar Budaya di UKSW

270

SALATIGA – Sebanyak 17 pelajar asing mengikuti kegiatan Program Intensif Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia (PIBBI) ke-65 yang digelar di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Senin (16/6). Berbeda dari kegiatan sebelumnya, para peserta PIBBI juga akan mempelajari bahasa Jawa. Pembantu Rektor IV UKSW Martha Nandari S. Handoko membuka acara tersebut dengan ditandai pemukulan gong.
Dikatakan, PIBBI ke-65 ini diikuti 17 peserta, 15 di antaranya mahasiswa Australian National University (ANU), Australia dan 2 peserta lainnya berasal dari negara yang berbeda. “Kita bersyukur bisa membuka program PIBBI ke-65 yang telah kita mulai sejak 30 tahun lalu. Alumni PIBBI sampai saat ini sudah mencapai 3.500 dan tersebar di banyak negara,” kata Martha Nandari.
Salah satu peserta kegiatan PIBBI, Marcus Cameron, mahasiswa ANU menyampaikan kesannya tentang kampus UKSW di sela acara ramah tamah yang digelar seusai pembukaan. “Kampus di sini banyak pohon – pohon besar. Saya suka. Beda sekali dengan kampus saya. Di sini juga banyak sekali mahasiswanya,” kata Marcus.
PIBBI ke-65 berlangsung hingga 25 Juli 2014 mendatang. Selain belajar dalam kelas-kelas, peserta PIBBI juga akan mempelajari budaya Indonesia dalam kegiatan kelas budaya, yakni kelas karawitan, pencak silat dan membatik. Hasil belajar peserta PIBBI di kelas budaya akan ditampilkan dalam acara Siang Budaya pada 8 Juli mendatang.(sas/aro)