Perluas Pasar Ekspor

275

SEMARANG – PT Faber-Castel International Indonesia (FCII), yang memproduksi alat-alat tulis, menilai pasar luar negeri potensial untuk penjualan produk-produknya. Kini peningkatan kualitas serta inovasi terus dilakukan guna memperluas pasar internasional.
Managing Director FCII Yandramin Halim mengatakan Faber-Castell Indonesia sejauh ini telah mengekspor ke lebih dari 30 negara. Meliputi kawasan Asia-Pasifik, Eropa, Timur Tengah, Afrika serta Amerika. “Pasar terbesar Asia Pasifik dengan pertumbuhan per tahun antara 10-20 persen. Tapi kami terus perluas pasar, belum lama ini kami juga mulai menggarap pasar di Turki,” ujarnya di sela Factory Visit di PT A.W Faber Castell Indonesia (FCI) Nagorong, Bekasi, Senin (16/5).
Berbagai inovasi menjadi upaya untuk menembus dan meningkatkan target di pasar internasional. Salah satu inovasinya yaitu connector pen. Produk ini dirancang tak sekedar untuk mewarnai, tapi juga untuk meningkatkan kreativitas anak. “Produk ini sebelumnya memang sudah ada di luar. Begitu masuk ke Indonesia, kita kembangkan lagi, sehingga bisa lebih merangsang kreativitas anak, dan kami pun bisa lebih bersaing baik di dalam maupun pasar luar negeri,” jelasnya.
Branch Manager PT FCII Fransiska Remila menambahkan, kepedulian lingkungan tetap menjadi yang utama di samping pengembangan pasar. “Bahan baku utama kita adalah kayu dan gravit, karena itu di mana ada lahan kosong dalam kawasan pabrik, kita pasti upayakan untuk menghijaukannya. Pun di luar negeri, Faber-Castell memiliki hutan khusus,” imbuhnya. (dna/smu)